Sukses


Hamka Hamzah Ditentang Gonzales saat Hendak Jadi Kiper Sungguhan

Bola.com, Malang - Ada dua kejadian unik yang dilakukan Hamka Hamzah saat membantu Arema Cronus mengalahkan Madura United 2-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (2/9/2016) malam WIB, pada pekan ke-18 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. 

Yang pertama, terjadi di menit ke-25 saat dia handsball di dalam kotak penalti. Bola tendangan Bayu Gatra ke gawang Arema yang sudah kosong terhalau tangan Hamka.

Bek 32 tahun asal Makassar itu menjatuhkan diri untuk menghalau bola datar tersebut. Namun, bola yang mengenai tangan tidak terlihat wasit Nusur Fadillah dari Bekasi sehingga Madura United tidak mendapatkan penalti.

"Saya meminta maaf kepada pemain dan tim Madura United atas kejadian itu. Saya berlari dan meluncur untuk menutup ruang yang kosong, tapi bola mengenai tangan saya," kata Hamka.

Kubu Madura United sempat geram dengan aksi Hamka. Dia disindir sudah jadi kiper Arema karena Laskar Sape Kerap akhirnya harus kalah di kandang Singo Edan.

 

Kejadian kedua, lebih unik. Ketika kiper pengganti Arema, I Made Wardana, tergeletak di menit ke-85 karena cedera lutut, Hamka sempat menawarkan diri kepada tim pelatih untuk menggantikan Kadek. Ya, dia rela jadi kiper betulan!

Penyebabnya, di bangku cadangan Arema sudah tidak ada lagi kiper yang tersisa. Kurnia Meiga juga mengalami cedera dan ditarik keluar pada babak pertama.

Namun, niatan Hamka jadi kiper sempat didebat Cristian Gonzales. Sebab, Gonzales melihat Kadek masih bisa berjuang di lapangan dalam sisa waktu lima menit. Dan memang benar, Kadek akhirnya memaksa diri untuk tetap main meski di akhir pertandingan dia harus meninggalkan lapangan dengan ditandu.

Seusai pertandingan, mantan kapten timnas senior ini mengakui dia siap jadi kiper jika Kadek waktu itu tidak bisa bangkit lagi. Hal itu karena Hamka merasa punya pengalaman jadi kiper. "Dulu saya ini kiper. Waktu di Persik Kediri juga pernah," katanya.

Dalam akun Instagramnya, kapten Arema Cronus ini juga pernah mengunggah foto kala dirinya masih memperkuat Pusamania Borneo FC tahun lalu. Hamka jadi kiper lengkap dengan mengenakan sarung tangan dan terbang menghalau bola dalam sesi latihan.

 

Video Populer

Foto Populer