Sukses


    Gol PSM di Pengujung Laga Kirim Madura United Pulang Tanpa Poin

    Bola.com, Jakarta - PSM Makassar berhasil menyenangkan fans yang memadati Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Sabtu (12/11/2016). Pasalnya, tim Juku Eja mampu mengalahkan tim tamu, Madura United, pada laga pekan ke-28 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

    PSM unggul tipis, 1-0, lewat gol yang dicetak Willem Jan Pluim pada menit ke-90. 

    Sepanjang babak pertama, PSM bermain tidak seperti biasanya kala bermain di kandang sendiri. Tim Juku Eja terlihat lebih defensif dengan harapan tim tamu akan terpancing untuk keluar dan PSM menekan dengan melakukan serangan balik. Sebaliknya, Madura United lebih mengandalkan penguasaan bola.

    Namun, taktik yang diusung itu tidak sepenuhnya berhasil karena meski Madura United akhirnya bermain lebih terbuka, PSM gagal memanfaatkan peluang untuk mencetak gol.

    Pada 15 menit babak pertama, Madura United yang masih menyimpan Pablo Rodriguez dan Erick Weeks Lewis, bermain terbuka dan berhasil mengendalikan permainan. 

    Namun, situasi berbalik mulai menit ke-20 ketika PSM mulai berani keluar dari sarang dan memberi tekanan. Setidaknya ada dua peluang yang dihasilkan PSM dalam lima menit pertama sejak keluar menyerang. Namun, upaya itu belum membuahkan hasil.

    Saling serang terjadi di sisa babak pertama, namun kedua tim tidak berhasil menjebol gawang lawan. Skor 0-0 menutup babak pertama.

    Pada menit ke-53 dan 54, pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, memasukkan Erick Weeks dan Pablo Rodriguez untuk menggantikan Ahmad Maulana Putra dan Patrich Wanggai.

    Hanya, pergantian itu tetap tidak signifikan karena tidak ada gol tercipta. Pada babak kedua, Madura United kerap memperlihatkan umpan-umpan yang tidak akurat. 

    Sementara, PSM yang mencoba mengubah permainan, dengan menggeser posisi Titus Bonai lebih ke samping untuk memberikan kesempatan pemain lain masuk ke pertahanan lawan, juga mentok. 

    Bola-bola panjang yang ditujukan ke Titus Bonai hanya sekadar membuat lini belakang tim Sape Kerrab yang digalang Fabiano Beltrame berkeringat, tanpa ada aksi yang terlalu membahayakan. 

    Jelang 10 menit sebelum laga bubaran, intensitas serangan PSM memuncak. Beberapa kali Titus Bonai seorang diri menusuk pertahanan. Hanya satu menit sebelum waktu normal berakhir, Titus Bonai tergeletak minta diganti karena mengalami cedera.

    Penyerang muda Muchlis Hadi Ning Syaifulloh dimasukkan pelatih Robert Alberts untuk menggantikan Titus Bonai. Inilah awal petaka Madura United. Sesaat setelah wasit Abdul Rahman Salasa meniup peluit tanda game on, setelah pergantian pemain dilakukan, Andri yang masuk menit ke-81 menggantikan Ridwan Tawainella melakukan fast break.

    Bola tembakannya mampu diblok kiper Madura United, Joko Ribowo. Namun, bola muntahan itu langsung disambar Willem Jan Pluim, tanpa mampu dicegah pemain Sape Kerrab lain yang terlambat mengawalnya. Skor 1-0 berubah untuk PSM, di saat pertandingan waktu normal tinggal menyisakan beberapa detik lagi.

    Alhasil, PSM berhasil mengalahkan Madura United lewat gol tunggal di pengujung laga sekaligus membuat tim tamu semakin tertekan dalam perburuan puncak klasemen sementara TSC 2016.

    Susunan Pemain:
    PSM (4-3-3): 51-Syaiful; 22-Ardan Aras, 2-Hendra Wijaya, 4-Wasyiat Hasbullah, 87-Kwon Jun; 8-Syamsul Bachri, 19-Rizky Pellu, 16-Ridwan Tawainella/71-Andri; 80-Willem Jan Pluim, 11-M. Rahmat Syamsuddin/28-Reva Adi, 25-Titus Bonai/37-Muchlis Hadi
    Pelatih: Robert Alberts

    Madura United (4-3-3): 33-Joko Ribowo; 14-Rendi Siregar, 5-Munhar, 15-Fabiano Beltrame, 23-Gilang Ginarsa; 4-Asep Berlian, 18-Ahmad Maulana Putra/50-Erick Weeks, 10-Slamet Nurcahyo; 7-Engelberd Sani, 17-Elthon Maran/24-Fajar Handika, 27-Patrich Wanggai/53-Pablo Rodriguez
    Pelatih: Gomes de Oliveira

    Video Populer

    Foto Populer