Sukses


    Persija Merasa Berat Bermain Tanpa Penonton

    Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta mendapatkan hukuman menggelar tiga pertandingan kandang tanpa penonton setelah melakukan sejumlah pelanggaran saat menjamu Persib di Stadion Manahan, Solo (5/11/2016), pada pekan ke-27 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

    Persija memang berhasil menang 1-0 saat menjamu Persiba Balikpapan di tempat yang sama pada pekan ke-28 TSC, Minggu (13/11/2016). Namun, tidak adanya penonton yang datang ke stadion membuat perjuangan para pemain terasa lebih berat.

    Persija menang tipis 1-0 atas Persiba berkat gol tunggal yang dicetak Emmanuel Kenmogne pada menit akhir pertandingan. Namun, kemenangan Macan Kemayoran itu didapatkan tidak di depan Jakmania sesuai hukuman dari Komisi Disiplin PT Gelora Trisula Semesta yang tidak memperbolehkan Persija menggelar pertandingan dengan penonton selama tiga laga kandang terakhir musim ini.

    Hukuman itu terjadi setelah dalam laga kontra Persib yang berakhir imbang tanpa gol, pendukung Persija dianggap melanggar sejumlah hal, seperti menggunakan atribut klub kesayangan, termasuk kejadian pengeroyokan di tribune penonton, dan adanya flare yang menyala sehingga pertandingan sempat dua kali terhenti.

    Pelatih Persija Jakarta, Muhammad Zein Alhadad, mengakui ketika harus bertanding tanpa penonton, ada perasaan yang begitu berat meski dalam laga kontra Persiba, Macan Kemayoran berhasil meraih tiga poin penuh. Alhahad mengungkapkan harus ada upaya untuk memberi motivasi tambahan kepada para pemain dalam situasi seperti itu.

    "Pengaruh penonton itu sangat besar. Penonton bisa membuat semangat bertambah berkali-kali lipat. Penonton bisa membuat pemain merasa ada tambahan tenaga ekstra dalam bermain. Harus diakui tanpa penonton itu sangat berat. Kami harus memberikan motivasi lebih kepada pemain dan memberikan apresiasi atas kerja keras para pemain dalam situasi ini," ujar Zein Alhadad saat dihubungi Bola.com, Senin (14/11/2016).

    Pelatih yang akrab disapa Mamak itu mengakui dirinya memberikan apresiasi besar kepada para pemain yang berhasil meraih tiga poin maksimal saat menjamu Persiba di Stadion Manahan, Solo, yang kosong. Menurutnya, perjuangan para pemain sangat luar biasa meski ada tujuh pemain yang harus absen dalam pertandingan tersebut.

    "Luar biasa! Bisa menang tanpa adanya tujuh pemain inti, tanpa kehadiran penonton. Para pemain tampil luar biasa dan ini menjadi kemenangan yang istimewa. Kami sangat mengapresiasi kerja keras pemain-pemain dalam laga ini. Mereka bermain dengan sabar untuk bisa meraih kemenangan," ujarnya.

    Persija saat ini berada di posisi ke-14 dalam klasemen TSC 2016 dengan 30 poin dari 28 pertandingan yang sudah mereka jalani. Persija akan menjalani laga tandang pada pekan ke-29 melawan salah satu tim kandidat juara, Madura United.

     

    Video Populer

    Foto Populer