Sukses


Kegagalan di Piala Dunia 2014 Dongkrak Semangat Juang Spanyol

Bola.com, Nice - Menyandang status sebagai juara bertahan, timnas Spanyol gagal total di Piala Dunia 2014. Tak ingin kejadian serupa terjadi di Piala Eropa 2016, La Roja bertekad untuk terus memetik kemenangan. 

Merengkuh titel juara Piala Dunia 2010 membuat Spanyol menjadi salah satu kandidat kuat kampiun Piala Dunia 2014. Tetapi, skuat Matador gagal mengulangi prestasi impresif di Afrika Selatan ketika berlaga di Brasil. 

Spanyol tak mampu lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2014 setelah hanya bercokol di peringkat tiga Grup B. La Furia Roja mendulang tiga poin, hasil dari satu kemenangan dan menelan dua kekalahan dalam tiga pertandingan. 

Kini, Spanyol tampil di Piala Eropa 2016 juga dengan status juara bertahan yang diraih pada 2012. Tim asuhan Vicente Del Bosque itu berambisi terus menang demi menjaga asa lolos ke fase selanjutnya, sekaligus merengkuh trofi Piala Eropa yang keempat. 

Spanyol pun mengawali Piala Eropa 2016 dengan hasil positif. Meski penampilan perdana mendapatkan kritikan, Andres Iniesta dkk. sukses membungkam Republik Ceska dengan skor 1-0 di Stadium Municipal, 13 Juni 2016. 

Gol tunggal kemenangan Spanyol disarangkan Gerard Pique pada menit ke-87. Hasil tersebut membuat Spanyol untuk sementara berada di peringkat dua Grup D dengan nilai tiga, tertinggal satu poin dari Kroasia yang sudah menjalani dua laga. 

"Mengawali Piala Eropa dengan kemenangan membuat perbedaan besar. Hasil itu membuat perubahan suasana hati, di hotel, manajer, semuanya terasa lebih baik," ujar bek Spanyol, Juanfran.

"Kami kini lebih percaya diri mengenai kemampuan kami, setelah apa yang terjadi di Brasil, jika Anda kalah pada laga pertama kepercayaan diri Anda jatuh," lanjutnya.

Pada laga kedua Grup D, Spanyol akan menghadapi Turki di Allianz Riviera, Nice, Sabtu (18/6/2016) dini hari WIB. Jika mampu mengalahkan Turki, Spanyol bakal mengamankan satu tiket ke 16 besar.

Sumber: Supersport

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer