RD, Konate, dan Maiga Bisa Promosi Lebih Cepat ke MSL

oleh Aning Jati diperbarui 25 Nov 2015, 16:20 WIB
Ucapan selamat datang buat Rahmad Darmawan dari manajemen T-Team. (Facebook)

Bola.com, Jakarta - Kabar gembira diterima kubu T-Team, klub yang akan dibesut Rahmad Darmawan serta dibela Makan Konate dan Abdoulaye Youssouf Maiga, mulai musim 2016. Klub baru tiga pelaku sepak bola di Indonesia itu memiliki kemungkinan promosi lebih cepat ke Malaysia Super League (MSL) 2016.

Kemungkinan itu terbuka setelah salah satu kontestan MSL, LionsXII, dipastikan tidak akan lagi tampil di kompetisi kasta tertinggi Malaysia itu pada musim depan.

Keluarnya LionsXII dari MSL mulai musim depan merupakan keputusan bulat dari seluruh anggota Komite Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) yang menggelar pertemuan pada Selasa (24/11/2015) malam di Kuala Lumpur. 

Seperti diketahui keberadaan LionsXII di MSL merupakan bagian kesepahaman (MoU) antara FAM dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) yang terjalin sejak 2011.

Bila LionsXII, tim Singapura yang jadi penyuplai pemain timnas Singapura, bermain di liga kasta tertinggi Malaysia, sebaliknya Harimau Muda, tim Malaysia yang merupakan kawah candradimuka bagi pemain muda Malaysia, bermain di liga kasta tertinggi Singapura, S-League.

Kesepahaman (MoU) itu berdurasi empat tahun dan berakhir pada Desember 2015. 

Advertisement

FAS sejauh ini belum memberikan pernyataan resmi atas keputusan sepihak FAM yang "mengeluarkan" LionsXII dari liga domestik mereka. Di balik keputusan itu, keberuntungan bisa menghinggapi T-Team karena praktis slot tim peserta di MLS berkurang satu tim.

Dikutip dari ESPN Asia, Rabu (25/11/2015) nama T-Team disebut bisa berpeluang promosi dengan cepat ke MLS karena status mereka sebagai tim peringkat ketiga di Malaysia Premier League (kompetisi selevel Divisi Utama di Indonesia) pada 2015. Dua tim teratas MPL, yakni Kedah dan Pulau Pinang, mendapat promosi otomatis.

Namun, bisa jadi T-Team akan tetap bermain di MPL 2016 ketika dilatih Rahmad Darmawan serta diperkuat duo Mali yang populer di Indonesia, Makan Konate dan Abdoulaye Youssouf Maiga, karena FAM juga memasukan ATM FA sebagai klub untuk mengisi slot LionsXII.

Bila T-Team merupakan peringkat ketiga di MPL 2015, ATM FA finis di posisi ke-11 dari 12 kontestan MSL 2015. ATM FA termasuk satu dari dua tim yang terdegradasi ke MPL 2016. Selain ATM FA, ada Sime Darby yang dipastikan turun kasta karena berada di dasar klasemen di akhir musim.

"Keputusan apakah ATM FA atau T-Team yang akan mengisi jatah LionsXII di MLS 2016 akan diputuskan melalui pertandingan play-off bulan depan," begitu pernyataan FAM seperti dikutip di ESPN Asia.

Peluang itu jelas tak bisa membuat Rahmad Darmawan dan Makan Konate santai begitu tiba di Kuala Terengganu dan memulai latihan perdana dengan klub barunya pada 1 Desember 2015. Sedangkan Maiga masih akan menyusul seusai kiprah Sriwijaya FC di Piala Jenderal Sudirman berakhir.