Liga Inggris: Schmeichel Bocorkan Nama Pemain Liverpool yang Selalu Bikin Ferguson Ketakutan dan Berkeringat Dingin

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 16 Des 2021, 15:45 WIB
Manchester United - Sir Alex Ferguson (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Manchester - Legenda Manchester United, Peter Schmeichel, mengungkap fakta menarik. Dia menyebut Sir Alex Ferguson benar-benar ketar-ketir dan takut terhadap pemain Liverpool, Steve McManaman. 

Sir Alex Ferguson memiliki kemampuan meniadakan ancaman bintang lawan melalui taktik man marking, dengan menugaskan pemain seperti seperti Park Ji-sung dan John O'Shea untuk melakoni peran itu di laga-laga besar. 

Advertisement

Tapi bertahun-tahun sebelumnya, pria Skotlandia itu menyusun rencana khusus untuk meredam McManaman saat Manchester United bersua Liverpool di final Piala FA 1996. Dia menginstruksikan Phil Neville yang berusia 19 tahun terus mengikuti McManaman ke berbagai sudut lapangan. 

Ferguson yakin jika McManaman bisa diredam, Liverpool tidak akan membahayakan Setan Merah.

“Dalam beberapa hal, ini tidak mengejutkan karena Ferguson takut pada McManaman,” kenang Schmeichel dalam otobiografinya One, seperti dikutip dari Sportbible, Kamis (16/12/2021). 

"McManaman adalah satu-satunya pemain lawan yang dia perhatikan di Liga Inggris. Maksud saya, dia akan menyebut Alan Shearer dan pemain lawan lainnya dalam pembicaraan tim tetapi tidak pernah dengan rasa takut. Namun, McManaman selalu membuatnya berkeringat." 

“Dan, sejujurnya, Steve adalah pesepak bola yang fantastis. Pemikiran Sir Alex Ferguson selalu bahwa jika Anda mendepak McManaman dari permainan, Anda bisa mendepak Liverpool," imbuh Schmeichel. 

 

2 dari 4 halaman

Ferguson Batalkan Rencana

Steve McManaman. (AFP/Christophe Simon)

Namun, pertemuan dengan pemain senior United - Schmeichel, Eric Cantona, Gary Pallister, Roy Keane, dan Steve Bruce - akhirnya membuat Fergie membatalkan ide tersebut untuk menugaskan Phil Neville mengawal McManaman. 

"'Tidak, ini yang sedang kami lakukan. Kemudian Eric Cantona berbicara. Dan Eric tidak pernah berbicara. Dia berkata, 'Gaffer... ide yang buruk.'," ujar Schmeichel. 

"Fergie berkata, 'Oke, kita tidak akan melakukannya. Teman-teman, pergilah'," imbuh Schmeichel. 

Manchester United akhirnya memenangkan pertandingan melawan Liverpool di Stadion Wembley tersebut dengan skor 1-0. Gol kemenangan MU dicetak Cantona. 

3 dari 4 halaman

Gelar Ketiga di Piala FA

Roy Keane menjadi pemain Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson dalam kurun 1993-2005. Dalam periode itu, Keane beberapa di antaranya memberikan tujuh trofi Liga Inggris plus satu gelar Liga Champions bagi publik Old Trafford. (AFP/Andrew Yates)

Phil Neville menjalani laga kontra Liverpool tersebut sebagai bek kiri. Dia lebih banyak menghadapi Jason McAteer, bukan McManaman. 

Ini adalah kemenangan Manchester United di Piala FA, di bawah Sir Alex Ferguson dan mengikuti kemenangan di Liga Inggris pada musim yang sama. 

Sumber: Sportbible 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Manchester United

Berita Terkait