Piala AFF 2020: Bukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sebut Thailand dan Vietnam sebagai Tim Terbaik di ASEAN

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 30 Des 2021, 13:00 WIB
Timnas Thailand merayakan gol Chanathip Songkrasin ke gawang Timnas Vietnam di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

Bola.com, Kallang - Timnas Indonesia antiklimaks di babak final Piala AFF 2020. Setelah superior di penyisihan grup dan empat besar, tim berjuluk Skuad Garuda itu menjadi bulan-bulanan Thailand di partai puncak.

Timnas Indonesia digulung Thailand 0-4 dalam leg pertama final Piala AFF di National Stadium, Kallang, Rabu (29/12/2021) malam WIB.

Advertisement

Skuad Garuda memang masih punya peluang untuk mengembalikan keadaan pada pertemuan kedua. Namun, kansnya cukup kecil mengingat Timnas Indonesia harus mencetak minimal empat gol untuk memaksa pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menganggap level Witan Sulaeman dkk. di persaingan Asia Tenggara (ASEAN) masih berada di bawah Thailand dan Vietnam.

Timnas Indonesia sempat mengimbangi Vietnam 0-0 pada babak penyisihan Grup B Piala AFF. Kesebelasan dengan sebutan lain Golden Star Warriors itu disingkirkan Thailand dengan agregat 0-2 di semifinal.

"Sebenarnya tidak bisa menilai dalam satu pertandingan, namun pastinya Thailand dan Vietnam adalah tim terbaik di ASEAN. Mereka sudah membuktikannya di Piala AFF," jelas Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah bertanding.

Vietnam yang berada di peringkat ke-98 dan Thailand di posisi ke-115 menjadi dua negara ASEAN dengan ranking FIFA tertinggi per 23 Desember 2021. Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Ada di tangga ketujuh setelah Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Singapura.

2 dari 3 halaman

Butuh Keajaiban

Secara statistik, Thailand begitu superior. Tim berjuluk Gajah Perang itu menmbukukan 67 persen penguasaan bola. Chanathip Songkrasin cs. juga melepaskan 19 tendangan berbanding empat milik Timnas Indonesia. (AP/Suhaimi Abdullah)

Timnas Indonesia butuh keajaiban untuk menjuarai Piala AFF. Enggan putus asa, Shin Tae-yong tetap berpegang teguh terhadap paham bahwa bola itu bundar alias segalanya dapat terjadi di atas lapangan.

"Memang kalau melihat pertandingan pertama tidak mungkin, namun bola itu masih bundar," ujar Shin Tae-yong.

"Jika kami bekerja keras sampai akhir, kami juga wajib bekerja keras untuk para penggemar Timnas Indonesia, dengan begitu kami akan mendapatkan hasil yang baik," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final Piala AFF 2020

Empat gol bersarang ke gawang Timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh kapten Thailand, Chanathip Songkrasin yang memborong dua gol (menit dua dan 53), Supachok Sarachat menit ke-68 dan diakhiri gol Bordin Phala tujuh menit menjelang waktu normal usai. (AP/Suhaimi Abdullah)

Leg Kedua Final Piala AFF 2020

  • Thailand Vs Timnas Indonesia
  • Sabtu, 1 Januari 2022
  • National Stadium, Kallang
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Streaming Vidio

Berita Terkait