Bayern Munchen Loyo di Bundesliga, Sadio Mane Mulai Tak Cocok dengan Taktik Julian Nagelsmann?

oleh Aryo Atmaja diperbarui 18 Sep 2022, 16:00 WIB
Sadio Mane. Tidak ada yang menyangka striker Senegal berusia 30 tahun ini memilih hengkang dari Liverpool setelah 6 musim yang cukup menjanjikan. Masih menjadi pilihan utama Jugen Klopp, ia akhirnya hijah ke Bayern Munchen di awal musm 2022/2023 dengan nilai transfer 32 juta euro untuk menutup lubang ynag ditinggalkan Robert Lewandowski yang hengkang ke Barcelona. Bersama Bayern Munchen di awal muism ini ia telah mencetak 5 gol dari total 8 laga di semua ajang. (AFP/Christof Stache)

Bola.com, Jakarta - Tren Bayern Munchen sedang menurun, terutama di kompetisi domestik Bundesliga Jerman. Mereka tidak bisa menang dalam empat pertandingan beruntun.

Terbaru, Bayern Munchen kalah dengan skor 1-0 saat berjumpa Ausgburg pada pekan ke-7 Bundesliga, Sabtu (17/9/2022). Gol tunggal Augsburg pada duel yang digelar di WWK Arena tersebut dicetak oleh Mergim Berisha pada menit ke-59.

Advertisement

Ini adalah hasil buruk bagi Bayern Munchen. Mereka memang menang lawan Barcelona di Liga Champions, tetapi terpuruk di Bundesliga. Die Roten gagal menang empat laga beruntun (tiga kali imbang, sekali kalah).

2 dari 5 halaman

Sadio Mane Kesulitan

Sebagai salah satu tim elite di Eropa, Bayern Munchen kerap disinggahi para pemain haus gol dari musim ke musim. Tercatat ada beberapa pemain yang mampu tampil tajam dengan mencetak banyak gol bersama Bayern Munchen di musim pertamanya. Musim 2022/2023 ini Munchen kedatangan Sadio Mane yang sebelumnya berseragam Liverpool untuk menggantikan peran Robert Lewandowski yang hijrah ke Barcelona. Mampukah Mane yang kini sudah mengemas 5 gol dari 9 laga bergabung dengan deretan 5 pemain berikut yang mampu mencetak banyak gol di musim pertamanya? (AFP/Christof Stache)

Bayern kini berada di posisi ke-4 klasemen Bundesliga dengan 12 poin dari tujuh laga. Di sisi lain, Sadio Mane kesulitan mendapatkan level terbaiknya bersama Bayern dan diklaim tidak bahagia.

Sebagai bintang baru setelah direkrut dari Liverpool, Sadio Mane diharapkan dapat berbuat banyak untk Bayern Munchen. Namun sejauh ini ia baru mengemas tiga gol dalam tujuh penampilan di Bundesliga.

3 dari 5 halaman

Tidak Cocok dengan Taktik Pelatih?

Julian Nagelsmann - Juru taktik asal Jerman ini juga masuk dalam jajaran pelatih muda. Meski baru berusia 34 tahun namun mantan pelatih RB Leipzig ini telah dipercaya menangani klub sebesar Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)

Laga melawan Augsburg memberi catatan buruk bagi Bayern. Sebab, untuk pertama kalinya Bayern gagal mencetak gol setelah 87 laga beruntun di Bundesliga. Ada yang salah dengan lini serang Bayern Munchen.

Dietmar Hamann mengritik Sadio Mane. Bukan hanya soal Mane dan performa yang ditampilkan, mantan pemain Liverpool itu menyebut taktik Julian Nagelsmann tidak cocok dengan karakter dan gaya bermain Mane.

"Sadio Mane tidak terintegrasi dengan tim. Saya melihat situasi ini terjadi di Liverpool juga, ketika Sadio Mane bermain di tengah," buka Hamann.

"Itu bukan posisi Mane. Sekarang dia mengambil posisi itu di Bayern Munchen. Dia dalam kondisi terbaiknya ketika dia datang dari luar kotak penalti. Dia tidak terlihat bahagia," sambung Hamann.

4 dari 5 halaman

Makin Tenggelam

Para pemain Bayern Munchen merayakan gol yang dicetak Lucas Hernandez ke gawang Barcelona dalam lanjutan Liga Champions 2022/2023, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Andreas Schaad)

Nagelsmann memainkan Mane sebagai penyerang tengah. Awalnya, Mane tampil bagus dan mencetak tiga gol pada tiga laga awalnya di Bundesliga. Namun, Mane kemudian gagal mencetak gol pada lima laga terakhirnya di semua ajang.

"Pemain lain seperti Leroy Sane, Jamal Musiala atau, pemain bertahan, Lucas Hernandez, yang sekarang cedera, kini menunjukkan performa yang luar biasa. Tidak ada yang membicarakan Mane saat ini," kata Hamann.

"Mane tampak terisolasi dan hampir tidak ambil bagian dalam permainan. Bayern Munchen harus memahami itu," tutup Hamann.

5 dari 5 halaman

Beda Cerita di Liga Champions

Pemain Bayern Munchen, Lucas Hernandez, melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka timnya pada pertandingan Liga Champions grup C melawan Barcelona di Allianz Arena di Munich, Jerman, Rabu, (13/9/2022). (AP Photo/Andreas Schaad)

Meski sedang loyo di Bundesliga, Bayern Munchen masih digdaya di ajang Liga Champions. Die Roten sukses menyapu bersih dua kemenangan beruntun di fase Grup C.

Thomas Muller dkk. menggasak Inter Milan di Guiseppe Meazza dua gol tanpa balas. Sepekan kemudian giliran Barcelona mereka kalahkan juga dengan skor 2-0 di kandang sendiri.

Sumber: Mirror

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 18/9/2022)

Berita Terkait