4 Penggawa Persis Solo Dapat Pengalaman Berharga dalam TC Timnas Indonesia U-20 di Turki

oleh Aryo Atmaja diperbarui 29 Okt 2022, 05:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20, Zanadin Fariz saat pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 melawan Timnas Timor Leste U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Antalya - Timnas Indonesia U-20 sudah memulai pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 16 Oktober 2022 lalu. Tidak hanya berlatih, tim Merah-putih juga melakoni dua laga uji coba.

Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan 2-1 atas klub lokal Cakallikli Spor dan kekalahan tipis 1-2 ketika menghadapi Timnas Turki U-20.

Advertisement

Empat pemain Persis Solo, ikut ambil bagian dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Turki. Mereka antara lain; Marcell Januar, Erlangga Setyo, Auliar Ramadhan Lubis dan Zanadin Fariz.

Keempatnya sangat antusias menjalani pemusatan latihan di bawah gemblengan pelatih Shin Tae-yong selama di Turki.

2 dari 5 halaman

Berikan yang Terbaik

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Turki. (PSSI).

Dalam sela-sela pemusatan latihan di Turki, Marcell dan Zanadin mencoba memberi tanggapannya terhadap pengalaman mereka mengikuti TC Timnas Indonesia U-20.

Marcell sendiri merasa sangat senang dapat mengikuti program yang telah diberikan. Ia berharap dapat terus menjadi lebih baik lagi setelah menjalani instruksi yang diterima dari tim kepelatihan.

“Perasaan saya sangat senang, bagus sekali. Di sini saya berusaha untuk mengikuti program yang diberikan, semoga dapat menjadi yang lebih baik lagi ke depannya,’ ungkap Marcell.

3 dari 5 halaman

Adaptasi Cuaca

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marcell Januar Putra menggiring bola saat matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Thailand U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (06/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selama di Turki, Marcell dan para penggawa Timnas Indonesia U-20 lainnya mendapatkan berbagai program latihan untuk terus meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Mulai dari melakukan gym, hingga melakukan adaptasi latihan di atas lapangan, hingga menghadapi cuaca dingin di Turki.

“Ada banyak hapus pola latihan yang sudah diberikan ke para pemain. Mulai dari gym secara rutin, meningkatkan passing dan penguasaan bola, lalu ada game setengah lapangan serta agility. Cuaca dingin di Turki juga membuat kita harus lebih beradaptasi lagi sih selama latihan,” katanya menambahkan.

4 dari 5 halaman

Pengalaman Baru

Timnas Indonesia U-20. (PSSI).

Berbeda dengan Zanadin, ini merupakan pengalaman perdana baginya untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U20 di luar negeri. Tentu ia masih perlu sedikit adaptasi dengan cuaca dingin yang sangat berbeda dengan di Indonesia.

“Pastinya sangat senang bisa mengikuti TC di luar negeri seperti ini, karena ini merupakan pengalaman perdana saya mengikuti TC di luar Indonesia. Masih coba untuk adaptasi untuk cuaca sih ya, sedangkan kalau untuk makanan sih tidak ada masalah," kata Zanadin.

5 dari 5 halaman

Lebih Fokus Lagi

Pemain Timnas Indonesia U-19, Zanadin fariz (tengah) dihadang dua pemain Filipina dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Saat pertandingan menghadapi Timnas Turki U-20, Zanadin mendapatkan kesempatan bermain sejak menit 83. Menurutnya pada laga uji tanding tersebut, ia sudah dapat bermain dengan baik, namun hanya perlu meningkatkan konsentrasi di lapangan.

“Teman-teman sudah bermain dengan baik dan bagus, mungkin kemarin kurang fokus saja. Ini mungkin bisa menjadi catatan bagi tim untuk ke depannya lebih meningkatkan fokus di atas lapangan,” jelas Zanadin Fariz.

Berita Terkait