Balapan Rating Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Fase Grup Piala Dunia 2022: Wah Bang Do, Kalah Dikit Nih!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 04 Des 2022, 07:00 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih terus bersaing di Piala Dunia 2022.

Mereka menjadi andalan negaranya sepanjang fase grup Piala Dunia 2022. Bahkan, keduanya selalu menjadi starter dari 3 pertandingan di babak penyisihan.

Advertisement

Pemain yang sama-sama pernah berkarier di Spanyol itu juga berhasil mengantarkan negaranya ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Portugal dan Argentina lolos dengan status sebagai juara grup.

Akan tetapi, meskipun ikut membantu negaranya melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2022, kontribusi mereka berbeda. Itu terlihat dari statistik keduanya sepanjang fase grup.

Lionel Messi yang sempat kesulitan bersama Timnas Argentina menunjukkan performa yang istimewa dari Cristiano Ronaldo. Terutama jika berbicara ketajaman di lini serang.

Berikut perbandingan statistik Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi sepanjang fase grup Piala Dunia 2022 berdasarkan data di laman WhoScored.

2 dari 6 halaman

Menit Bermain

Cristiano Ronaldo kembali menorehkan rekor baru yaitu menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol di lima edisi Piala Dunia, yakni 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022. (AP Photo/Darko Bandic)

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu menjadi pilihan utama dalam 3 pertandingan di fase grup. Namun, menit bermain Messi lebih banyak dibanding Ronaldo.

La Pulga tampil penuh sepanjang fase grup dengan 270 menit penampilan. Sementara CR7 selalu ditarik keluar pada babak kedua.

Mantan pemain Real Madrid tersebut mencatatkan penampilan selama 235 menit. Dia pernah tampil s65 menit dalam duel Portugal kontra Korea Selatan.

 

3 dari 6 halaman

Tembakan dan Gol

Lionel Messi menjadi penyelamat dalam pertandingan ini dikarenakan pada laga sebelumnya Argentina diakalahkan Arab Saudi. (AP Photo/Ariel Schalit)

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sama-sama rajin melepaskan tembakan sepanjang fase grup Piala Dunia 2022. Keduanya selalu menebar ancaman dalam setiap laga.

Namun, Messi punya jumlah shots lebih banyak dibanding Ronaldo. La Pulga mencatatkan 13 tembakan dengan 8 di antaranya mengenai sasaran dan berbuah 2 gol.

Sedangkan Ronaldo hanya melepaskan 9 tembakan. Dari jumlah itu, hanya 2 shots yang mengenai sasaran dan berbuah 1 gol dalam laga melawan Ghana.

4 dari 6 halaman

Peluang dan Assist

Superstar Argentina Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dari Portugal. Piala Dunia 2022 Qatar kemungkinan menjadi kesempatan terakhir untuk Mesis dan Ronaldo untuk memenangkan turnamen empat tahunan itu. (Adrian DENNIS, Roman KRUCHININ / AFP)

Lionel Messi kembali mengungguli Cristiano Ronaldo dalam urusan menciptakan peluang. Sepanjang fase grup, bintang Paris Saint-Germain mengkreasikan 9 chances.

Lionel Messi mampu menyumbang 1 assist pada laga melawan Meksiko. Dia mengirim umpan gol kepada Enzo Fernandez.

Sementara Cristiano Ronaldo hanya menciptakan 3 peluang sepanjang fase grup. Dari jumlah itu, tidak ada satu pun yang berbuah assist.

5 dari 6 halaman

Rating

Ilustrasi - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Bola.com/Adreanus Titus)

Jika melihat performa keduanya sepanjang fase grup, Lionel Messi dipastikan punya rating yang lebih bagus dari Cristiano Ronaldo. La Pulga mendapat nilai rata-rata 7,87.

Rating terbaik didapatkan Lionel Messi dalam laga pemungkas grup grup C melawan Polandia. Meskipun dia tidak ikut mencetak gol dan assist.

Sementara rataan rating Ronaldo adalah 6,37. Performa terburuk mantan pemain Real Madrid tersebut ketika Portugal dikalahkan Korea Selatan dalam laga pemungkas grup H.

 

Sumber: Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy, Serafin Unus Pasi)

6 dari 6 halaman

Berita Terkait