4 Fakta Jelang Duel Man City Vs Liverpool di Liga Inggris: Tuan Rumah Lebih Punya Keunggulan

oleh Aryo Atmaja diperbarui 01 Apr 2023, 13:00 WIB
Striker Liverpool, Darwin Nunez (kiri), menembak tetapi gagal berbuah gol pada laga babak keempat Carabao Cup 2022/2023 kontra Manchester City di Stadion Etihad, Manchester, Jumat (23/12/2022) dini hari WIB. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Big match Liga Inggris 2022/2023 akan tersaji saat Manchester City menjamu Liverpool pada lanjutan pekan ke-29 di Stadion Etihad, Sabtu (1/4/2023) malam WIB. Duel sengit kedua tim akan dimulai pukul 18.30 WIB.

Man City dihadapkan pada masalah kebugaran dua pemain intinya. Mereka adalah Phil Foden dan Erling Haaland. Foden sepertinya harus absen, tetapi Haaland kabarnya bisa dimainkan.

Advertisement

Haaland, yang musim ini sudah mencetak 42 gol dalam 37 penampilan, mengalami cedera hingga harus dicoret dari tim nasional Norwegia pada jeda internasional kemarin. Namun, Haaland diyakini bakal fit untuk laga kontra Liverpool nanti.

Di kubu Liverpool, pelatih Jurgen Klopp juga harap-harap cemas terkait kondisi pemain-pemain seperti Darwin Nunez, Luis Diaz, Thiago Alcantara, Calvin Ramsay. Dari nama-nama tersebut, sepertinya cuma Nunez yang bisa dimainkan.

Man City sudah tiga kali menghadapi Liverpool di musim 2022/2023. Hasilnya adalah sekali menang dan dua kali kalah. Man City kalah 1-3 di Community Shield, takluk 0-1 di Anfield pada pekan ke-11, kemudian menang 3-2 di kandang sendiri saat bertemu pada putaran keempat EFL Cup/Carabao Cup.

Sebelum menikmati keseruan pertandingan malam nanti, tidak ada salahnya menyimak sejumlah fakta yang membalut pertemuan Man City versus Liverpool. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Man City Jago di Kandang

Kejar-mengejar gol terjadi pada laga ini. City tiga kali memimpin masing-masing berkat gol Erling Haaland, Riyad Mahrez, dan Nathan Ake. (AP Photo/Jon Super)

Dari 13 pertemuan dalam laga Liga Inggris di Stadion Etihad menghadapi Liverpool, Man City hanya pernah menelan satu kekalahan. Tujuh laga berujung kemenangan dan lima laga berakhir imbang.

Satu-satunya kekalahan kandang Man City dari Liverpool di ajang Liga Inggris terjadi pada November 2015 ketika Manchester Biru masih ditangani Manuel Pellegrini.

3 dari 6 halaman

2. Kans Liverpool Ulangi Kesuksesan Musim 2015/2016

Pemain Liverpool, Fabinho (kanan) berebut bola dengan pemain Manchester City, Bernardo Silva saat laga Community Shield 2022 di King Power Stadium, Sabtu (30/07/2022) malam WIB. (AP/Frank Augstein)

Liverpool sudah memenangi laga melawan Man City pada putaran pertama musim ini. Jika bisa membungkam tuan rumah, maka The Anfield Gank akan meraih kemenangan ganda dalam satu musim atas Liverpool untuk kali kedua dalam 17 tahun terakhir.

Kali terakhir Liverpool mengemas kemenangan sempurna atas Man City dalam satu musim terjadi pada 2015/2016.

4 dari 6 halaman

3. Tren Bertolak Belakang

Virgil van Dijk menjadi batu sandungan terbesarnya. Pria berkebangsaan Belanda tersebut sukses membuat Haaland mati kutu di lini pertahanan Liverpool. (AP/Jon Super)

Man City sudah memenangi tiga laga terakhir di Premier League, tetapi belum pernah mencatatkan empat kemenangan beruntun sepanjang musim ini.

Sementara Liverpool dibayangi tren tandang buruk. Dari 13 pertandingan di kandang lawan yang sudah dijalani musim ini, Liverpool cuma meraih 12 poin.

5 dari 6 halaman

4. Peluang Haaland Patahkan Rekor Mohamed Salah

Menit ke-53, gawang Liverpool sempat dijebol oleh Phil Foden. Ia menyambar bola yang sukses direbut Erling Haaland dari tangkapan Alisson. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit setelah meninjau VAR. Sebelumnya, Haaland tertangkap melakukan pelanggaran kepada Fabinho. (AFP/Oli Scarff)

Bomber Man City, Erling Haaland mencetak 42 persen dari seluruh gol Man City di Liga Inggris musim ini. Sementara di seluruh ajang, pemain Norwegia itu mengemas 42 gol pada musim ini.

Jika bisa mencetak tiga gol lagi, maka Haaland melewati torehan rekor Ruud Van Nistelrooy dan Mohamed Salah. Namun Haaland masih diragukan tampil di pertandingan nanti karena cedera hamstring.

 Salah mencetak gol dalam tiga laga melawan Man City musim ini, masing-masing di Premier League, Community Shield, dan Carabao Cup atau Piala Liga Inggris.

Sumber: Berbagai sumber

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan Man City dan Liverpool di Premier League Musim Ini

Berita Terkait