Main Kartu hingga PS, Cara Pemain Timnas Indonesia U-22 Jaga Kondisi Mental Jelang Final SEA Games 2023

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 15 Mei 2023, 18:30 WIB
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-22 setelah Titan Agung Fawwazi mencetak gol pertama ke gawang Kamboja pada laga keempat Grup A SEA Games 2023 di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Phnom Penh - Ofisial Timnas Indonesia U-22 punya cara untuk menjaga kondisi mental Pratama Arhan dkk. jelang final SEA Games 2023.

Pengamatan Bola.com, persiapan H-1 jelang laga final kontra Thailand, hampir tidak ada yang berbeda.

Advertisement

Kecuali, tidak ada konferensi pers jelang pertandingan dan latihan di Visakha Training Center yang biasanya terbuka dan terbatas, kali ini digelar tertutup.

Hal ini dimaksudkan agar para pemain bisa tetap fokus menghadapi Thailand. Di sisi lain, ofisial Timnas Indonesia U-22 punya cara tersendiri untuk menjaga mental para pemain. Apa ya?

2 dari 4 halaman

Main Kartu Ditemani Tim Psikolog

Para pemain starting XI Timnas Indonesia U-22 berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dimulainya laga keempat Grup A SEA Games 2023 menghadapi Kamboja di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Menurut Sumardji, manajer Timnas Indonesia U-22, saat ini skuad Garuda Nusantara ‘disterilkan’.

Hanya saja, bukan berarti Marselino Ferdinan dkk. tidak bisa menikmati sela-sela perjuangan meraih emas SEA Games 2023.

“Malam saya berikan kesempatan anak-anak untuk bercanda, bersenda gurau, dipandu sama tim psikolog untuk main kartu sampai dengan jam 9 malam.”

“Itu guyon-guyon, jadi betul-betul dibuat se-happy mungkin karena dengan anak-anak happy, pasti hasilnya sangat baik,” kata Sumardji.

3 dari 4 halaman

Ada yang Bawa PS

Pemain Timnas Indonesia U-22, Beckham Putra (kiri) dan Rizky Ridho melakukan sesi latihan ringan di Hotel Phnom Penh, Kamboja, Minggu (30/4/2023). Latihan tersebut dilakukan dalam rangka mengembalikan kebugaran para pemain setelah pertandingan melawan Filipina di Grup A SEA Games 2023. (Bola.com/Abdul Azis)

Selain itu, kami juga mendapatkan informasi dari media officer Timnas Indonesia U-22 bahwa ada pemain yang bawa play station (PS) juga.

“Ada juga yang bawa PS, tetapi enggak semua main,” kata Bandung Saputra.

4 dari 4 halaman

Bola.com di Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)

Berita Terkait