5 Bintang Timnas Indonesia Pawang Serangan Argentina: Saatnya Shin Tae-yong Mainkan Pemain Blasteran

oleh Radifa Arsa diperbarui 29 Mei 2023, 06:15 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi formasi 4-3-3: Jordi Amat (bek tengah), Shayne (bek kiri) dan Sandy Walsh (bek kanan) (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki sederet pemain berkualitas yang bisa diandalkan untuk meredam serangan Argentina pada laga FIFA Matchday yang akan datang.

Para pemain andalan ini juga telah muncul dalam daftar 26 nama yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia pada laga melawan Palestina dan Argentina di agenda FIFA Matchday Juni 2023.

Advertisement

Setidaknya, ada tiga nama pemain langganan Timnas Indonesia yang bakal punya peran krusial untuk meredam gempuran serangan La Albiceleste. Selain itu, ada dua nama baru yang berpeluang membukukan debutnya bersama skuad Garuda.

Para pemain ini sebagian besar memang beroperasi di wilayah defensif. Oleh karena itu, mereka bakal punya tugas yang sangat berat untuk bisa mengawal pergerakan Lionel Messi dan kawan-kawan.

Selain itu, pemain-pemain ini juga berpeluang turun sebagai starter saat Timnas Indonesia berjumpa Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni 2023. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 6 halaman

Sandy Walsh

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh. (Foto Instagram Sandy Walsh).

Penampilan reguler yang dicatatkan Sandy Walsh bersama KV Mechelen di kompetisi kasta tertinggi Liga Belgia musim 2022/2023 menjadi modal penting untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Bukan tidak mungkin, Sandy Walsh akan mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk mencatatkan debutnya bersama skuad Garuda, setelah sempat melewatkannya pada laga melawan Burundi pada Maret lalu.

Musim lalu, Sandy memainkan total 25 laga. Dia hanya absen saat mengalami cedera. Pemain berusia 28 tahun ini tampaknya bakal menjadi salah satu opsi terbaik di sektor bek kanan. 

Di sektor ini, Sandy berpeluang besar menghadapi nama-nama pemain seperti Alejandro Garnacho (Man United), Nicolas Gonzalez (Fiorentina), hingga Lucas Ocampos (Sevilla), yang biasa beroperasi di sektor kiri.

3 dari 6 halaman

Shayne Pattynama

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama berpose di depan fotografer setelah Pengambilan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan Republik Indonesia yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementetian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (24/01/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selain Sandy Walsh, Shayne Pattynama juga menjadi salah satu pemain yang berpeluang besar membukukan debutnya bersama Timnas Indonesia setelah resmi mendapatkan status sebagai WNI.

Pemain keturunan Indonesia-Belanda ini bakal memberikan persaingan ketat di posisi bek kiri. Nama-nama seperti Pratama Arhan dan Edo Febriansyah tentu harus bersaing untuk mendapatkan menit bermain.

Shayne memang tengah berada dalam performa terbaiknya pada awal musim ini. Dia sudah memainkan enam pertandingan sebagai starter bersama Viking FK di kompetisi kasta tertinggi Liga Norwegia.

Dari semua laga, Shayne memang sempat absen satu kali karena mendapatkan hukuman larangan bermain karena akumulasi kartu. Selain itu, dia juga telah menyumbang satu gol dan satu assist.

4 dari 6 halaman

Marc Klok

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok mencium bola saat menghadapi Vietnam dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Salah satu pemain naturalisasi yang saat ini berkarier di Liga 1, Marc Klok, juga bakal memiliki peran yang begitu krusial untuk membantu Timnas Indonesia meredam gempuran serangan Argentina.

Pasalnya, gelandang asal Persib Bandung ini memiliki posisi strategis sebagai gelandang tengah. Marc Klok juga punya atribut defensif yang cukup baik jika mendapat peran dari Shin Tae-yong untuk menjadi gelandang bertahan.

Sejak pertama kali bermain untuk skuad Garuda pada medio Juni 2022, keberadaan pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, ini memang nyaris tak pernah tergantikan di lini tengah.

Dia tercatat selalu bermain, mulai dari ajang Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF 2022, hingga beberapa laga FIFA Matchday di tahun 2022 hingga 2023.

5 dari 6 halaman

Elkan Baggott

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott saat menghadapi Burundi pada laga pertama persahabatan FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selanjutnya, wilayah yang paling krusial untuk membentengi gawang Timnas Indonesia dari gempuran para penyerang Timnas Argentina ialah jantung pertahanan. DI sektor ini, sosok Elkan Baggott bakal memegang peran kunci.

Meskipun usianya masih terhitung muda, bek yang baru saja berpisah dengan Cheltenham Town ini diharapkan bisa membantu pertahanan untuk menghalau serangan lawan, terutama dalam menjinakkan pertarungan di udara.

Pasalnya, Elkan memiliki satu keunggulan penting dibanding rekan-rekannya di lini pertahanan, yakni postur yang menjulang hingga 194 cm. Aspek inilah yang menjadi krusial saat berjumpa Argentina nanti.

6 dari 6 halaman

Jordi Amat

Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat melakukan selebrasi setelah mencetak gol penyeimbang 2-2 ke gawang Burundi pada pertandingan kedua FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dari seluruh nama pemain yang ada di skuad Timnas Indonesia saat ini, Jordi Amat merupakan sosok yang punya rekam jejak yang paling mentereng. Pengalamannya di Eropa bakal sangat membantu skuad Garuda saat berjumpa Argentina.

Apalagi, bek tengah kelahiran Spanyol ini sudah beberapa kali berduel dengan Lionel Messi saat masih berkarier di La Liga, tepatnya ketika Jordi masih berkarier bersama Rayo Vallecano dan Espanyol.

Pengalaman inilah yang bakal membuat pemain berusia 31 tahun itu menjadi sosok kunci di jantung pertahanan Timnas Indonesia ketika menghadapi Argentina pada ajang FIFA Matchday Juni 2023.

Berita Terkait