Nasib Thomas Tuchel di Bayern Munchen di Ujung Tanduk, 3 Pelatih Ini Layak Jadi Pengganti

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 19 Feb 2024, 17:30 WIB
Ekspresi kecewa pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel setelah timnya kalah 0-3 dari Bayer Leverkusen laga lanjutan Bundesliga 2023/2024 di BayArena, Leverkusen, Jerman, Minggu (11/02/2024) WIB. (AP Photo/Martin Meissner)

Bola.com, Jakarta - Rangkaian hasil buruk yang dialami Bayern Munchen dalam tiga pertandingan terakhir mengancam posisi Thomas Tuchel di kursi kepelatihan. Sejumlah nama pengganti pun mulai muncul.

Posisi Thomas Tuchel sebagai pelatih Bayern Munchen mulai terancam setelah rangkaian kekalahan, baik di Bundesliga maupun di Liga Champions.

Advertisement

Bayern Munchen kalah 0-3 dari Bayer Leverkusen yang kini kukuh di puncak klasemen Bundesliga. Kemudian Bayern Munchen juga kalah 0-1 saat bertandang ke markas Lazio dalam leg pertama 16 besar Liga Champions pekan lalu.

Terakhir, Bayern Munchen kalah 2-3 saat bertandang ke markas Bochum pada laga terkini di Bundesliga. Bayern Munchen kini tertinggal delapan poin dari Bayer Leverkusen yang ada di puncak klasemen Bundesliga.

Andai Thomas Tuchel harus turun dari kursi kepelatihan Bayern Munchen, berikut 3 pelatih yang potensial untuk menjadi kandidat pengganti:

2 dari 4 halaman

1. Hansi Flick

Pelatih kepala Jerman, Hansi Flick memberikan instruksi ke pemainnya saat matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika di Al Bayt Stadium, Jumat (01/12/2022). (AP/Martin Meissner)

 

Sebelumnya Hansi Flick pernah menangani Bayern Munchen pada periode 2019 hingga 2021, dan terkenal membawa tim Bavaria itu meraih treble pada 2020. Ia dikenal senang mengaplikasikan sepak bola menyerang.

Dengan keberhasilan bersama Bayern Munchen yang pernah diraihnya, Hansi Flick menjadi kandidat ideal untuk kembali menangani tim raksasa Jerman itu.

3 dari 4 halaman

2. Jose Mourinho

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho saat pertandingan Liga Italia 202/2023 antara AS Roma melawan Monza di stadion Olimpiade, Roma pada 30 Agustus 2022. Mourinho tercatat sebagai pelatih paling boros selama bursa transfer sejauh ini. Pria asal Portugal tersebut telah menghamburkan 1,71 miliar euro. Tiga pembelian termahal Mourinho terjadi saat menangani Manchester United. Salah satunya adalah Paul Pogba yang direkrut dari Juventus seharga 105 juta euro. (AFP/Alberto Pizzoli)

 

Pelatih asal Portugal itu kini tidak terikat dengan klub mana pun setelah dipecat AS Roma awal tahun ini. Dianggap menjadi salah satu dari manajer terbaik dalam sejarah sepak bola, Mourinho sudah meraih kesuksesan dengan banyak klub.

Ia berhasil meraih trofi juara ketika menangani klub di Portugal, Italia, Spanyol, dan Inggris. Namun, Jerman belum pernah dirasakannya. Artinya, Mourinho pun layak untuk dicoba oleh Bayern Munchen untuk menggantikan Thomas Tuchel.

4 dari 4 halaman

3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane. Ia menjadi pelatih utama Real madrid pada tengah musim 2015/2016 menggantikan Rafael Benitez setelah sebelumnya menangani Real Madrid Castilla. Ia langsung mempersembahkan trofi Liga Champions di musim tersebut dan mempertahankannya di dua edisi berikutnya. (AFP/Filippo Monteforte)

 

Zinedine Zidane tak diragukan lagi adalah salah satu nama terbesar dalam sejarah sepak bola. Mantan peraih Ballon d'Or dan pelatih yang mengantarkan Real Madrid mendominasi pada era 2010an.

Sejak meninggalkan Real Madrid pada 2021, Zidane belum lagi menjadi pelatih klub mana pun. Sejauh ini Zidane dikenal sebagai pelatih yang sukses bersama Real Madrid, meraih banyak trofi, termasuk di Liga Champions.

Bukan tidak mungkin Bayern Munchen bisa menjadi pelabuhan baru bagi pelatih asal Prancis itu.

Sumber: Times Now

Berita Terkait