Sukses


    3 Pemain Senior Hong Kong yang Wajib Diperhatikan Timnas Indonesia di Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Asosiasi sepak bola Hong Kong (HKFA) telah merilis 20 pemain yang disiapkan tampil di Asian Games 2018 di Jakarta mulai 12 Agustus 2018. 

    Satu hal yang menarik, tiga pemain senior yang masuk skuat Hong Kong U-23 merupakan pemain yang sudah berusia senja dengan dua di antaranya merupakan pemain naturalisasi.

    Seperti dilansir dari situs resmi HKFA, sebanyak 20 pemain sudah diumumkan sebagai skuat yang akan berlaga di Asian Games 2018. Pengumuman tersebut dilanjutkan dengan pemusatan latihan intensif hingga Asian Games dimulai.

    Dalam daftar 20 pemain yang akan berangkat ke Jakarta, HKFA memasukkan dua pemain naturalisasi dalam kuota tiga pemain senior. Ketiga pemain senior Hong Kong itu merupakan pemain yang sudah memasuki usia senja dalam karier sepak bola.

    Pemain senior pertama Timnas Hong Kong di Asian Games 2018 adalah Lam Ka Wai, pemain asli kelahiran Hong Kong, berusia 33 tahun. Ia sudah memperkuat Timnas senior Hong Kong sebanyak 51 kali sejak 2005.

    Mengawali karier sepak bola bersdama Hong Kong Rangers pada 2002 hingga 2008, Lam sempat bergabung dengan Kitchee selama 10 tahun sejak 2008 hingga 2018. Kini pemain berposisi gelandang serang itu memperkuat klub Eastern di Liga Hong Kong.

    Dari 51 pertandingan bersama Timnas Hong Kong, Lam tercatat sudah mencetak delapan gol baik di laga persahabatan maupun turnamen resmi internasional. Meski usianya sudah 33 tahun, pengalamannya memperkuat Timnas Hong Kong membuatnya harus diperhitungkan sebagai lawan yang tangguh di Asian Games 2018.

    2 dari 2 halaman

    Timnas Hong Kong Punya 2 Pemain Naturalisasi

    Selain membawa Lam Ka Wai sebagai satu dari tiga pemain senior di Asian Games 2018, Timnas Hong Kong diperkuat dua pemain senior lain, yang merupakan pemain naturalisasi asal Spanyol.

    Pemain naturalisasi pertama bernama Fernando Recio Comi, yang sudah berusia 35 tahun. Pemain berposisi sebagai bek tengah kelahiran Barcelona itu mulai berkiprah di Hong Kong bersama Kitchee sejak 2010 dan sempat dipinjamkan ke Hong Kong Rangers pada 2016 dan 2017.

    Ketika masih berada di Spanyol, Recio hanya bermain di level sepak bola amatir bersama klub-klub seperti Rapitenca, Amposta, dan Tortosa. Setelah tujuh tahun berada di Hong Kong, ia resmi menjadi warga negara Hong Kong pada Oktober 2017 dan tampil kali pertama saat Timnas Hong Kong menang 4-0 atas Laos dalam sebuah laga persahabatan.

    Selain Fernando, ada Jorge Tarres Paramo atau yang karib disapa Jordi. Striker berusia 37 tahun ini merupakan jebolan akademi sepak bola usia muda Espanyol. Ia sempat memperkuat delapan klub Spanyol sebelum akhirnya hijrah ke Kitchee pada 2010, dan bersama Fernando, dipinjamkan ke Hong Kong Rangers pada 2016 hingga 2017.

    Ketika Fernando kembali ke Kitchee pada 2017, Jordi tak ikut kembali. Pemain yang lahir di Barcelona itu kemudian dipinjamkan ke Lee Man hingga 2018. Seperti halnya Fernando, Jordi juga mendapatkan kewarganegaraan Hong Kong pada Oktober 2017.

    Mendapatkan debutnya pada laga kontra Laos pada laga persahabatan yang digelar pada 5 Oktober 2017, Jordi berhasil mencetak gol pertama dalam kemenangan telak 4-0 itu. Kemudian ia berhasil mencetak gol lagi saat Hong Kong menang 2-0 atas Malaysia di laga kualifikasi Piala Asia 2019.

    Video Populer

    Foto Populer