Sukses


Resmi, Korsel Andalkan 4 Jebolan Piala Dunia Rusia di Asian Games 2018

Bola.com, Seoul - Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sesuai rencana awal, Senin (16/7/2018), secara resmi merilis daftar 20 pemain yang masuk Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018. Dari 20 nama, enam di antaranya tercatat sudah memperkuat Timnas Korsel senior. 

Namun, sorotan mungkin akan lebih tertuju pada empat sosok dalam daftar itu. Mereka berstatus pemain Timnas Korsel senior di Piala Dunia 2018 yang baru saja tuntas digelar. Ada Son Heung-min, kiper yang naik daun Cho Hyun-woo (Daegu FC), Hwang hee-chan (Redl Bull Salzburg), dan Lee Seung-woo (Hellas Verona).

Son dan Cho menjadi dua dari tiga pemain berstatus wild card karena usia mereka sudah lebih dari 23 tahun. Satu lagi pemain wild card yang masuk Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018 adalah penyerang Gamba Osaka, Hwang Ul-jo. 

Dengan begitu, pelatih Kim Bum-hak memilih untuk memaksimalkan jatah tiga pemain wild card yang diizinkan dalam tim sepak bola putra di Asian Games 2018.

Masuknya nama empat alumni Piala Dunia 2018 itu sebenarnya tak terlalu mengejutkan lantaran pelatih Kim sudah jauh-jauh hari mengisyaratkan membawa mereka.

Kim bersama KFA hanya perlu mendapat izin dari klub-klub sang pemain mengingat Asian Games 2018 tidak masuk kalender FIFA sehingga ada potensi klub enggan melepas pemain. Son yang bermain di Tottenham Hotspur serta tiga pemain bintang lain itu, sudah mendapat izin.

Kim mengungkap sebenarnya juga ingin membawa Paik Seung-ho (Girona FC) and Lee Kang-in (Valencia). Namun, cedera yang menimpa Paik serta Lee yang tak dilepas Valencia, membuatnya mencari nama lain.

2 dari 3 halaman

Jalan Bebas Wamil

Secara khusus, keberadaan di Timnas U-23 bisa menjadi jalan keluar bagi Son dan Cho, untuk bebas dari aturan wajib militer (wamil) jika mereka pulang dengan membawa medali emas.

Sebagai gantinya, keduanya hanya akan menjalani latihan militer dasar selama beberapa minggu saja alih-alih selama dua tahun seperti ketika harus melakoni wamil.

"Saya tahu orang-orang punya pendapat sendiri tentang skuat ini, tapi kami satu tim, dan kami akan melakukan segalanya untuk mendapatkan hasil terbaik. Saya akan sepenuhnya bertanggung jawab atas performa kami. Saya hanya berharap suporter memberikan dukungan penuh pada kami," kata Kim Hak-bum.

Pemain Korea, Son Heung-min (atas) merayakan golnya ke gawang Jerman ,pada laga grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, (27/6/2018). Korea menang atas Jerman 2-0. (AP/Sergei Grits)

Di Asian Games 2018, Timnas Korea Selatan U-23 tergabung di Grup E bersama Malaysia, Bahrain, dan Kirgizstan. Namun, rumor yang berembus, yang menyebut bakal ada drawing ulang untuk pembagian grup, bisa jadi mengubah konstelasi itu.

KFA menjelaskan Timnas Korea Selatan U-23 akan kembali berlatih mulai 30 Juli 2018 dan menjalani uji coba kontra Irak sebelum bertolak ke Jakarta pada 10 Agustus 2018. Sepak bola putra Asian Games 2018 digelar pada 14 Agustus-1 September 2018.

Sumber: Yonhap

3 dari 3 halaman

Daftar 20 Pemain

Skuat final Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018

Kiper: Cho Hyun-woo*, Song Beom-keun

Bek: Hwang Hyun-soo, Jung Tae-wook, Kim Min-jae, Kim Jin-ya, Cho Yoo-min, Kim Moon-hwan, Lee Si-young

Gelandang: Lee Seung-mo, Jang Yoon-ho, Kim Keon-woong, Hwang In-beom, Kim Jung-min, Lee Jin-hyun

Penyerang: Hwang Ul-jo*, Son Heung-min*, Hwang Hee-chan, Lee Seung-woo, Na Sang-ho

*Ket: pemain di atas usia 23 tahun

Timnas Korea Selatan termasuk Son Heung-min, Ki Sueng-yueng, dan Cho Hyun-woo seusai laga melawan Meksiko (23/6/2018) di Piala Dunia 2018.  (AFP/Khaled Desouki)

Video Populer

Foto Populer