Sukses


5 Hal Menarik dari Kemenangan Tommy Sugiarto atas Lee Chong Wei

Bola.com, New Delhi - Tommy Sugiarto memetik kemenangan atas Lee Chong Wei saat keduanya bertanding di Premier Badminton League, India, Kamis (7/1/2016). Tommy unggul tiga gim 9-15, 15-10, 15-14 atas pemain andalan Malaysia itu.

Sepanjang karirnya, Tommy belum pernah menang dari Chong Wei. Ada lima hal menarik yang tersaji setelah Tommy menang atas Chong Wei. Apa saja?

1. Kemenangan pertama Tommy
Sebelum laga di India, Tommy selalu kalah dari Chong Wei dalam 13 pertemuan. Agaknya laga ke-13 ini membawa kesialan buat Chong Wei. Skor pertemuan kedua pemain memang masih jauh, yaitu 13-1 buat Chong Wei. Namun setelah bisa menang, Tommy tentu ingin bisa mengulangi hasil tersebut.

2. Suntikan semangat sebelum kualifikasi Piala Thomas
Tommy adalah pemain non pelatnas yang dipanggil masuk ke tim Piala Thomas Indonesia. Tim Piala Thomas akan melakoni laga kualifikasi di Hyderabad, India, pada 15-21 Februari. Bukan tak mungkin, Tommy akan kembali berhadapan dengan Chong Wei jika Indonesia bertemu Malaysia di ajang tersebut. Modal kemenangan di India akan membuat Tommy lebih percaya diri jika harus berduel lawan Chong Wei lagi.

3. Contoh buat pemain tunggal putra lain
Saat ini peringkat BWF Tommy di urutan 11 adalah yang tertinggi untuk pemain tunggal putra Indonesia. Pemain tunggal putra Indonesia yang lain tentu bisa menjadikan Tommy sebagai contoh. Prestasi Tommy sebagai pemain non pelatnas yang berjuang dengan usaha sendiri, tapi bisa menempati rangking tertinggi diantara pemain Indonesia lainnya, harus bisa dicontoh.

4. Tak ada pemain top yang belum dikalahkan Tommy
Kemenangan atas Chong Wei membuat Tommy sudah pernah mengalahkan seluruh pemain tunggal putra yang ada di lima besar peringkat BWF saat ini. Berikut rekor pertandingan Tommy melawan pemain peringkat 1-5:
Tommy vs Chen Long (Tiongkok/1-8)
Tommy vs Jan Jorgensen (Denmark/1-1)
Tommy vs Kento Momota (Jepang/3-3)
Tommy vs Lin Dan (Tiongkok/2-5)
Tommy vs Lee Chong Wei (1-13)

5. Pertandingan memakai format berbeda
Tommy menang atas Chong Wei dalam pertandingan yang memakai format berbeda. Biasanya satu gim dalam pertandingan bulutangkis berakhir di angka 21, namun laga di India yang dilakoni Tommy dan Chong Wei memakai poin 15. Format ini sudah lama tak dipakai dalam pertandingan bulutangkis internasional.

Video Populer

Foto Populer