Sukses


10 Fakta Menarik Tentang Juventus

Bola.com, Jakarta - Usai memenangkan Piala Italia dengan menjungkalkan Lazio di final, Juventus telah mengoleksi dua trofi musim ini. Mereka tinggal memenangkan satu pertandingan lagi menghadapi Barcelona untuk melengkapi titel mereka sebagai Treble Winners.

Barcelona dalam situs resmi klubnya merangkum 10 hal dari Juventus untuk diketahui. Berikut 10 hal tersebut.

1. Dibentuk oleh pelajar. Juventus Football Club didirikan pada tahun 1897 oleh sekelompok mahasiswa dari Liceo Massimo D'Azeglio, yang merupakan asal dari klub nama Latin.

2. La Vecchia Signora. Juventus dikenal sebagai 'Nyonya Tua dari Turin'. Dipercaya bahwa istilah ini berawal pada tahun 1920-an ketika keluarga Agnelli mengambil alih klub. Lantaran sang pemilik dikenal sebagai Vecchios Signores, atau 'pria tua', klub ini menjadi dikenal sebagai 'wanita tua'.

3. Persaingan dengan Torino dan lnter. Juventus FC memiliki persaingan lokal dengan Torino FC, dikenal sebagai derby della mole, setelah bangunan Mole Antonelliana terkenal di kota. Tapi laga yang setara dengan classico di Italia adalah pertandingan antara Juve dan Inter Milan. Bersama AC Milan, mereka adalah tiga klub yang paling banyak didukung di Italia.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/881443/big/079858400_1432180100-Tifosi_Juve_v_Sampdoria_1977.jpg

4. Penggemar terbanyak di Italia. Klub ini juga dikenal sebagai La Fidanzata d'Italia, atau 'pacar Italia' karena mereka memiliki lebih banyak pendukung dari tim lain. Secara global, dikabarkan Juve memiliki 170 juta Tifosi.

5. Kejadian Tragis Nomor Satu di Piala Eropa. Juventus menjadi juara benua Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 1985 dengan mengalahkan Liverpool 1-0 di final. Laga ini dikenang dengan kejadian tragis karena gelombang suporter menyebabkan dinding Stadion Heysel di Brussels, Belgia, runtuh sesaat sebelum kick-off. Tercatat 39 suporter tewas dalam tragedi ini. Juventus menang dengan penalti yang dikonversi oleh pemegang tiga kali Ballon d'Or, Michel Platini.

6. Titel lainnya pada tahun 1996. Juve memenangkan trofi Eropa untuk kedua dan terakhir kalinya pada tahun 1996, ketika mereka mengalahkan Ajax lewat adu penalti di Stadion Olimpico di Roma. Juventus adalah tim yang mengalami kekalahan terbanyak di final, total mereka menderita lima kekalahan dar Ajax, SC Hamburg, Borussia Dortmund, Real Madrid dan AC Milan.

7. Treble winners pertama. Hanya lima tim yang pernah memenangkan tiga gelar Eropa berbeda dalam semusim (Piala Eropa, Piala Winners, dan Piala UEFA). Yang lainnya adalah BayernMuenchen, Ajax, Barcelona dan Chelsea. Dari klub-klub tersebut, Juve mencapai treble pertama pada tahun 1996.

8. Klub Italia terbaik abad ke-20. Federasi Internasional Sejarah Sepakbola dan Statistik (IFFHS) memandang Juventus klub Italia terbaik abad 20. Mereka diikuti oleh AC Milan di posisi kedua dan Inter di posisi ketiga.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/881451/big/002833400_1432180377-Calcio_Poli.jpg

9. Skandal dan penurunan kasta ke Serie B. Periode paling gelap dalam sejarah klub terjadi pada tahun 2005 dan 2006. Skandal muncul tentang penipuan wasit yang melibatkan sejumlah klub besar. Juventus menderita lebih dari apapun. Dua gelar juara mereka dinyatakan batal dan mereka diturunkan ke Serie B dengan hukuman sembilan poin. Ini adalah pertama kalinya mereka telah terdegradasi dari papan atas.

10. Empat scuddetto berturut-turut. Juventus bangkit dan kembali ke Serie A pada tahun 2007. Mereka memenangkan gelar Liga Italia setiap tahun sejak 2011/12.

Baca Juga:

Fakta Menarik Usai Juventus Juara Piala Italia

Wow, 50 Orang Terlibat Pengaturan Skor di Italia

Allegri : Ayo Raih Treble Winners, Juventus!

Video Populer

Foto Populer