Sukses


Saingi Timnas U-20, Myanmar U-23 Ingin Medali Emas SEA Games 2015

Bola.com, Jakarta - Timnas U-23 Myanmar mendapatkan dorongan semangat sebagai tambahan modal terjun di SEA Games 2015. Di pertandingan uji coba terakhir jelang keberangkatan ke Singapura yang dimainkan akhir pekan lalu di Provinsi Quang Ninh, Vietnam, timnas U-23 Myanmar menahan timnas U-23 Vietnam, skor 2-2.

Buat Myanmar, hasil ini dianggap apik mengingat Vietnam jadi salah satu kandidat perebut medali emas di SEA Games edisi ini. Apalagi di uji coba sebelumnya, pada 18 Maret dan 19 Mei, mereka ditaklukkan Thailand masing-masing dengan skor 0-1 dan 0-4 di Bangkok.

Di sisi lain, beban timnas U-23 Myanmar saat ini tidaklah enteng. Pasukan Kyi Lwin kerap dibandingkan dengan timnas U-20 yang sedang bersinar setelah memastikan jadi kontestan Piala Dunia U-20 untuk pertama kalinya. Timnas U-20 Myanmar tercatat di Grup A Piala Dunia 2015 yang digelar di Selandia Baru, 30 Mei-29 Juni.

Kesuksesan itu dinilai pemerintah semestinya jadi pelajaran dan melahirkan harapan buat timnas U-23.

Seperti dikutip di Myanmar Times, Wakil Menteri Olah Raga Myanmar, U Thaung Htike, bahkan berujar fans sepak bola Myanmar telah kehilangan kepercayaan terhadap timnas U-23 setelah melihat performa yang ditunjukkan di SEA Games 2013. Ketika itu, walau jadi tuan rumah, langkah timnas U-23 terhenti di fase penyisihan grup.

Demi mengembalikan kepercayaan fans serta belajar dari kesuksesan timnas U-20, pemerintah memberi target yang justru lebih tinggi dari sebelumnya. Bila di SEA Games 2013 timnas u-23 Myanmar hanya ditarget lolos ke semifinal, di SEA Games 2015, Nay Lin Tun cs. diharapkan mampu merebut emas.

"Saya tahu ini permintaan sulit, tetapi saya yakin mereka akan berusaha lebih keras. Hanya itu yang kami inginkan," kata Htike.

Juru bicara MFF menimpali target itu sebagai sebuah kewajaran.

Timnas Myanmar sejatinya pernah berjaya di pesta olah raga Asia Tenggara, terutama kala masih bernama Peninsular Games. Ketika itu Myanmar masih bernama Burma dan tampil di enam laga final secara beruntun (1961-1973) dengan lima kali jadi juara. Namun, di era SEA Games, Myanmar baru sekali mencapai laga final tepatnya pada 1993. Di pertandingan itu Myanmar takluk 3-4 dari Thailand.

Meski catatan rekor di SEA Games tak gemilang, pelatih timnas U-23 Indonesia, Aji Santoso, tak mau meremehkan Myanmar. Terbukti, kala bertemu di penyisihan Grup B SEA Games 2013, Indonesia hanya unggul 1-0 lewat gol Alfin Tuasalamony.

"Kemajuan mereka pesat. Myanmar bukan lagi seperti tim 10-20 tahun lalu. Namun, kemenangan lalu jadi modal kami untuk menghadapi mereka," kata Aji saat berkunjung ke Redaksi Bola.com, Rabu (27/5).

Myanmar akan memulai kampanye di SEA Games 2015 dengan menghadapi Indonesia pada 2 Juni di Stadion Jalan Besar, Singapura. Selain Indonesia dan Myanmar, Grup A dihuni Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Baca Juga :

Peta Kekuatan Lawan Timnas U-23 di SEA Games 2015

Analisis: El Loco Terbaik di Laga Kontra Myanmar

Indonesia versus Myanmar Sisakan Empat Fakta Menarik

 

Video Populer

Foto Populer