Sukses


Prediksi Timnas U-23 vs Myanmar : Berjuang dalam Duka

Bola.com, Singapura - Timnas U-23 akan melakoni laga perdana Grup A SEA Games 2015 kontra Myanmar. Demi menjaga peluang lolos ke fase selanjutnya, skuat Garuda Muda berambisi meraih poin penuh di laga ini.

Laga timnas U-23 kontra Myanmar rencananya akan berlangsung di Stadion Jalan Besar, Selasa (2/6) malam WIB. Secara statistik, kans tim asuhan Aji Santoso ini memetik kemenangan terbilang besar.

Sebab, dari sembilan kali pertemuan kontra Myanmar, Indonesia mampu meraih empat kemenangan, dua hasil imbang, serta hanya menelan tiga kekalahan.

Terakhir kali skuat Merah-Putih berhasil membungkam Myanmar adalah di ajang SEA Games 2013. Saat itu, Indonesia menang 1-0 berkat gol penalti Alfin Tuasalamony di menit ke-36.

Sayangnya, psikologis penggawa timnas U-23 sedikit terganggu dengan adanya sanksi yang dijatuhkan FIFA terhadap Indonesia. Apalagi, ini akan menjadi kompetisi terakhir skuat Garuda Muda di kancah internasional sampai nantinya pembekuan dicabut oleh FIFA.

"Fokus kami sekarang ada di pertandingan pertama kontra Myanmar, besok malam. Jangan bicara soal tim lain dulu," kata pelatih timnas U-23, Aji Santoso.

"Kami berupaya keras menjaga mental pemain tidak terganggu pasca jatuhnya sanksi FIFA. Bagaimanapun juga, situasi sepak bola nasional sekarang memengaruhi anak-anak," tutur Aji.

Meski kondisi mental tidak dalam keadaan baik, Aji optimistis anak asuhnya siap bertanding. Pelatih asal Malang itu pun percaya timnas U-23 akan mengawali kiprahnya di SEA Games 2015 dengan kemenangan.

"Anak-anak siap memberikan penampilan terbaik melawan Myanmar. Kita yakin kemenangan di laga perdana dapat mempermulus jalan ke babak selanjutnya," lanjut Aji.

Kendati demikian, Myanmar bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Sebab dalam ajang SEA Games, Indonesia kerap kerepotan meraih kemenangan. Di tiga laga terakhir, tim Merah-Putih hanya meraih satu kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan satu kekalahan.

"Indonesia merupakan salah satu lawan yang harus kami hargai dan merupakan lawan kompetitif. Pertandingan pembuka melawan Indonesia, kami harus menang untuk ke depan. Timnas Myanmar U-23 akan bersaing untuk mendapatkan emas," ujar pelatih Myanmar, Kyi Lwin.

Menghadapi laga ini, Aji Santoso tampaknya akan menerapkan taktik 4-2-3-1. Muchlis Hadi menjadi penyerang tunggal di lini depan. Dia akan disokong Nofiandani, Evan Dimas, dan Wawan Pebrianto.

Sementara itu, Myanmar bakal tampil dengan formasi 4-4-2. Nay Lin Tun masih menjadi andalan di lini tengah. Apalagi, gelandang Ayeyawady United tersebut adalah sosok sentral permainan Myanmar. Dan Shine Thuya dan Zaw Thiha berduet di sektor depan.

Prakiraan Susunan Pemain Kedua Tim:

Myanmar (4-4-2): Kyaw Zin Phyo; Win Aung, Zin Oo, Phyo Ko Ko, Zaw T Hein; Sat Ning, Lin Tun, Bo Bo, Aung Sithu; Shine Thuya, Zaw Thiha.

Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Natshir; Syaiful Indra, Hansamu, Manahati, A Lestaluhu; Adam Alis, Zulfiandi; Nufiandani, Evan Dimas, Wawan Pebrianto; Muchlis Hadi

Baca Juga:

Irfan Bachdim: Semua Menderita Indonesia Disanksi FIFA

Jadwal Pertandingan Timnas U-23 di Penyisihan Grup SEA Games 2015

Data dan Statistik Performa Gelandang Timnas U-23

Video Populer

Foto Populer