Sukses


Barcelona Digdaya Saat Hadapi Tim Italia di Final

Bola.com, Jakarta - Barcelona akan menghadapi Juventus di partai final Liga Champions musim ini. Peluang Los Cules memetik kemenangan atas Juve terbilang besar. Sebab, Barca memiliki tren bagus saat bersua klub asal Italia di final kompetisi Eropa.

Diawali laga final Piala Winners pada musim 1988/1989. Bersua Sampdoria di partai puncak yang berlangsung di Wankdorf Stadium, Bern, 10 Mei 1989, El Barca sukses memetik kemenangan dua gol tanpa balas.

Sepasang gol kemenangan skuat Catalan disarangkan Julio Salinas pada menit keempat dan Lopez Rekarte di menit ke-79. Bagi Blaugrana yang saat itu masih dibesut Johan Cruyff, titel juara tersebut adalah yang ketiga di ajang Piala Winners.

Tiga musim berselang, Barcelona kembali bersua Sampdoria, dan kali ini di laga puncak Piala Champions. Final yang dihelat di Stadion Wembley, 20 Mei 1992, Los Cules dipaksa bekerja keras hingga perpanjangan waktu.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya tercipta pada menit ke-112. Eksekusi tendangan bebas Ronald Koeman, menghujam deras gawang Sampdoria yang dikawal Gianluca Pagliuca. Barcelona pun merengkuh trofi Piala Champions perdana.

Dalam partai final yang ketiga, Barca menghadapi AC Milan di Liga Champions musim 1993/1994. Tapi kali ini, Barcelona di buat tak berkutik. Bermain di Olympic Stadium, Athena, 18 Mei 1994, Blaugrana tumbang dengan skor telak 0-4.

Keempat gol kemenangan I Rossoneri dicetak Daniele Massaro menit ke-22 dan 45+2, Dejan Savicevic menit ke-47, serta Marcel Desailly menit ke-58.

Barcelona akan kembali menghadapi klub asal Italia di Liga Champions musim ini. Dan tim yang bakal diladeni adalah Juventus di Olympiastadion, Berlin, Minggu (7/6) dini hari WIB.

Sejauh ini, El Barca sudah enam kali menghadapi Juve di kompetisi Eropa. Dari enam pertemuan tersebut, Blaugrana mampu memetik dua kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Dari statistik tersebut, peluang Barcelona meraih kemenangan sekaligus merengkuh trofi Liga Champions yang kelima terbilang besar. Kendati demikian, I Bianconeri juga memiliki kans untuk mengandaskan perlawanan Los Cules. Apalagi, ini adalah final perdana Juve di Liga Champions setelah terakhir kali terjadi pada musim 2003.

Lantas, siapakah yang bakal keluar sebagai juara Liga Champions musim 2014/2015? Layak untuk dinantikan.

Baca Juga:

Torehan Impresif Messi & Neymar Usai Barcelona Juara Copa del Rey

Marchisio: Peluang Juara Juventus Setara Barcelona

Ditantang Barcelona, Allegri Masih Bisa Tidur Nyenyak

 

Video Populer

Foto Populer