Sukses


Hancurkan Kamboja, Indonesia Melesat ke Posisi Kedua

Bola.com, Kalam - Indonesia U-23 menghancurkan Kamboja U-23 dengan skor telak 6-1 di fase Grup A di Stadion Jalan Besar, Kallang, Sabtu (6/6) malam. Kemenangan ini membuat langkah Garuda Muda lolos ke babak selanjutnya terbuka.

Kemenangan atas Kamboja U-23 membuat Indonesia U-23 naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi tiga poin. Garuda Muda berhak menempati posisi tersebut karena unggul selisih gol dari Singapura dan Kamboja yang sama-sama mengoleksi tiga poin.

Kekalahan 2-4 dari Myanmar di laga perdana membuat pelatih Aji Santoso melakukan beberapa perubahan dalam susunan pemain. Aji memasukan Teguh Amiruddin, Agung Prasetyo, dan Paulo Sitanggang namun tetap memakai skema 4-2-3-1.

Sejak menit awal, tim Garuda Muda memainkan formasi menyerang meski masih sulit menembus kokohnya tembok pertahanan Kamboja U-23 yang bermain begitu disiplin.

Peluang pertama didapat Indonesia U-23 di laga ini melalui bek kanan Syaiful Indra Cahya namun tendangannya dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Indonesia U-23 baru bisa mencetak gol pada menit ke-12. Adalah striker Muchlis Hadi Ning Syaifulloh yang memberikan keunggulan 1-0 lewat tendangan dari sudut sempit.

Memanfaatkan umpan datar dari Adam Alis Setyano, Muchlis tidak menyia-yiakan umpan matang tersebut untuk menjebol gawang Serei Rath.

Di menit ke-32, Timnas U-23 mendapatkan peluang untuk memperbesar skor tapi sayang tendangan winger lincah Ahmad Nofiandani masih mampu diblok oleh kiper lawan.

Empat menit setelahnya, Nufiandani membayar lunas kegagalannya setelah dengan cerdik menjebol gawang Kamboja U-23. Ia tidak menyia-yiakan umpan tarik dari lini tengah yang disodorkan Paulo Sitanggang. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Evan Dimas dan kawan-kawan langsung memainkan permainan menyerang. Beberapa kali penjaga gawang Kamboja Serei Rath jatuh bangun untuk mengamankan bola agar tidak masuk ke dalam gawang.

Keasikan menyerang Garuda Muda melupakan lini pertahanannya. Hal tersebut terlihat saat Mony Udom Prak memperkecil kedudukan jadi 2-1 di menit ke-56 melalui tendangan 12 pas.

Gol itu berawal dari pelanggaran tidak perlu yang dilakukan Syaiful Indra di dalam kotak penalti. Wasit yang melihat kejadian tersebut langsung memberikan penalti. Udom Prak yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Indonesia U-23 langsung merespon cepat dengan gol tersebut. Tendangan datar yang dilakukan Muchlis menjebol jala gawang lawan sehingga mengubah skor jadi 3-1 pada menit ke-68.

Setelah gol tersebut Garuda Muda kian menggila. Muchlis lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-74 untuk ketiga kalinya di pertandingan ini setelah berhasil merebound shooting Evan Dimas yang membentur mistar gawang.

Unggul empat gol tak membuat puas timnas Indonesia. Hal tersebut terlihat setelah Wawan mencetak gol pada menit ke-85. Pemain yang baru masuk di babak kedua itu memperlebar skor jadi 5-1.

Evan Dimas akhirnya mencetak gol keenam bagi Timnas U-23 pada saat waktu tambahan. Skor 6-1 bertahan sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain:

INDONESIA U-23 (4-2-3-1)
Teguh Amiruddin; Syaiful Indra, Manahati Lestusen, Agung Prasetyo, Abduh Lestaluhu; Adam Alis, Zulfiandi; Paulo Sitanggang (Wawan), Evan Dimas, Nufiandani Ahmad; Muchlis Hadi.

KAMBOJA U-23 (3-5-2)
Serei Rath; Sorthearoth, Visal Soeuy, Pidor Sam Oeun; Phallin Hoy, Suhana Sos, Dina Tit (Chanrasmey), Srin Ngoy, Chhoeun Chhin; Mony Udon, Sokpheng Keo (Vatanaka Chan).

Video Populer

Foto Populer