Sukses


Belanda Curi Tiga Angka di Markas Latvia

Bola.com, Riga - Timnas Belanda sukses memetik poin penuh saat melawat ke markas Latvia di laga lanjutan Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016. The Flying Dutchmen berhasil membungkam Latvia dengan skor 2-0.

Sepasang gol kemenangan Belanda disarangkan Georginio Wijnaldum di menit ke-64 dan Luciano Narsingh menit ke-71.

Tambahan tiga angka ini membuat timnas Belanda kini menempati posisi tiga Grup A dengan nilai 10 hasil dari enam pertandingan. Mereka hanya terpaut tiga poin atas Republik Ceko yang berada di posisi tertas. Sedangkan Latvia menghuni posisi lima dengan tiga poin.

Tampil di Skonto Stadions, Riga, Sabtu (13/6) dini hari WIB, Belanda turun dengan skuat terbaiknya. Robin van Persie, Memphis Depay, dan Luciano Narsingh menjadi motor serangan di lini tengah. Kendati begitu, skuat Oranje kesulitan membongkar pertahanan Latvia.

Peluang pertama Belanda baru didapatkan pada menit ke-12. Akan tetapi, sepakan kaki kanan Van Persie masih melayang di atas mistar gawang.

Masuk menit ke-20, Wesley Sneijder nyaris mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Belanda memimpin lebih dulu. Sayang, tendangan kaki kanan mantan gelandang Inter Milan tersebut masih menerpa mistar gawang.

Belanda terus mengurung pertahanan Latvia. Namun, usaha Wesley Sneijder di menit ke-31 dan 32, sepakan kaki kiri Jetro Willems di menit ke-38, dan tendangan Narsingh di menit ke-44 belum mampu mengoyak gawang Latvia yang dikawal Andris Vanins.

Skor sama kuat 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk babak kedua, timnas Belanda langsung tancap gas. Pada menit ke-64, Georginio Wijnaldum yang menggantikan Robin van Persie di menit ke-63 memiliki peluang bagus mengoyak gawang Latvia. Namun, sundulan Wijnaldum masih bisa digagalkan kiper Latvia.

Tiga menit kemudian, Wijnaldum akhirnya sukses mengukir namanya di papan skor. Berawal dari tendangan Sneijder yang dapat dibendung pemain belakang Latvia, bola mengarah ke Wijnaldum. Meski mendapatkan pengawalan ketat, pemain 24 tahun tersebut berhasil menjaringkan bola ke dalam gawang dengan tendangan menyusur tanah.

Pada menit ke-71, Belanda berhasil menggandakan keunggulan, kali ini lewat aksi Luciano Narsingh. Lolos dari jebakan offside usai menerima umpan dari Huntelaar, Narsingh hanya tinggal berhadapan dengan kiper. Tanpa kesulitan, Narsingh mampu mengelabui penjaga gawang Latvia, Andris Vanins dengan sepakan.

Latvia yang bermain di hadapan pendukunganya sendiri coba melancarkan serangan ke jantung pertahanan Belanda. Namun, usaha Visnakovs, Salihovic, hingga Rakels masih bisa diredam barisan belakang Oranje yang dimotori Bruno Martins Indi.

Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan timnas Belanda tetap bertahan.

Susunan Pemain Kedua Tim:
Latvia (4-4-2): 1 Vanins; 21 Freimanis (Vladislavs Gabovs 37'), 13 Gorkss, 19 Jagodinskis, 2 Maksimenko; 16 Tarasovs, 14 Ikaunieks, 17 Salihovic, 8 Visnakovs (Artūrs Karasausks 75'); 15 Rakels, 10 Sabala (Eduards Visnakovs 62').

Belanda (4-2-3-1): 1 Cillessen; 2 van der Wiel, 3 de Vrij, 4 Martins Indi, 5 Willems (Daryl Janmaat 77'); 6 Blind, 8 Sneijder, 7 Narsingh, 10 van Persie (Georginio Wijnaldum 63'), 11 Memphis Depay (Jeremain Lens 87'); 9 Huntelaar.

Video Populer

Foto Populer