Sukses


Lazslo Kleinheisler, Kejutan Sang Pencuri Perhatian

Bola.com, Oslo - Gelandang Hungaria, Lazslo Kleinheisler, mencuri perhatian pada laga melawan Norwegia di Stadion Ullevaal, Oslo, Jumat (13/11/2015) dini hari WIB. Gol tunggal Kleinheisler membawa sesuatu yang jarang dialami Hungaria tiap bertemu Norwegia, yakni kemenangan.

Dalam sembilan pertemuan terakhir sebelum laga ini, Hungaria tidak pernah meraih kemenangan atas Norwegia. Negara yang pernah terkenal karena memiliki pemain hebat seperti Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis itu tidak menjadi favorit kontra Norwegia pada leg pertama play-off Piala Eropa 2016.

Namun, Kleinheisler muncul sebagai pahlawan. Pada menit ke-26, tembakan pemain berusia 21 tahun itu bersarang di pojok kiri gawang Norwegia yang dikawal Orjan Nyland.

Skor 1-0 untuk Hungaria berkat Kleinheisler bertahan hingga laga berakhir. Hungaria berpeluang lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis jika minimal bisa menahan imbang Norwegia pada pertemuan kedua di Budapest, Senin (16/11/2015) dini hari WIB.

Lantas, siapkah Kleinheisler?

Pemanggilan Kleinheisler oleh pelatih Bernd Storck ke skuat senior Hungaria sempat memunculkan keraguan. Pasalnya, Kleinheisler belum sekalipun mencicipi pertandingan internasional level atas.

Pada musim 2015-2016, Kleinheisler bahkan hanya bermain untuk Videoton II, bukan tim utama Videoton. Menurut catatan Transfermarkt dan Soccerbase, Kleinheisler tidak pernah sekalipun merasakan tampil untuk Videoton sepanjang musim ini.

Karena alasan itu, pencantuman nama Kleinheisler dalam skuad senior Hungaria sempat menjadi pertanyaan. Dibandingkan seluruh gelandang yang pernah dipanggil Storck sejak babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Kleinheisler menjadi satu-satunya pemain yang belum merasakan tampil untuk Hungaria. Sebelumnya, Kleinheisler hanya bermain untuk Hungaria U-21.

Kejutan dari Storck berlanjut pada saat memberikan susunan pemain inti kontra Norwegia. Kleinheisler ternyata masuk di antara 11 pemain yang tampil sejak awal pertandingan. Storck lebih memilih Kleinheisler ketimbang Gergo Lovrencsics yang biasa mengisi posisi sayap kanan Hungaria.

Keputusan Storck ternyata berbuah manis. Kleinheisler langsung memberikan sengatan pada aksi pertamanya. Pada menit ke-9, sepakan kaki kanan setengah voli Kleinheisler membuat kiper Nyland bersusah payah menyelamatkan gawangnya.

Memasuki menit ke-26, keberuntungan Nyland berakhir sekaligus menjadi keberuntungan bagi Kleinheisler. Tembakan keras kaki kiri Kleinheisler, dari sudut yang persis seperti peluang pertamanya, mampu bersarang di pojok gawang Norwegia. Nyland memang sempat mencoba mengamankan tembakan Kleinheisler. Namun, sepakan sang lawan berubah arah yang membuat tangan Nyland tak mampu menghentikan bola dengan sempurna.

Mencetak gol dalam laga debut seperti sebuah mimpi bagi Kleinheisler. Tak ayal, pemain didikan akademi Videoton itu menghampiri Storck saat selebrasi. Kleinheisler sepertinya ingin berterima kasih kepada Storck yang telah memberikan kesempatan unjuk gigi baginya pada laga internasional level senior.

Gelandang Hungaria, Lazslo Kleinheisler, merayakan gol ke gawang Norwegia bersama pelatih Bernd Storck pada leg pertama play-off Piala Eropa 2016 di Stadion Ullevaal, Oslo, Jumat (13/11/2015) dini hari WIB. (Dok. UEFA.com)

Sumber: UEFA, Transfermarkt, Soccerbase

Video Populer

Foto Populer