Sukses


Ibrahimovic Sumbang Gol, Swedia Taklukkan Denmark

Bola.com, Solna - Swedia mengalahkan Denmark, 2-1, pada leg pertama play-off Piala Eropa 2016 di Friends Arena, Solna, Minggu (15/11/2015) dini hari WIB. Itu menjadi kemenangan pertama Swedia dalam empat laga terakhir melawan Denmark.

Dalam pertandingan tersebut, Denmark memberikan ancaman terlebih dahulu. Martin Barithwaite dan Thomas Kahlenberg mempunyai peluang pada menit ke-5 dan ke-6. Namun, dua kesempatan tersebut masih gagal berujung gol.

Swedia mulai bisa memberikan perlawanan pada menit ke-13. Sepakan Jimmy Durmaz mengarah ke gawang Denmark yang dijaga Kasper Schmeichel. Namun, bola sempat mengenai badan pemain Denmark sehingga Schmeichel dengan mudah mengamankan tembakan Durmaz.

Peluang terbaik datang pada menit ke-44. Christian Eriksen memberikan umpan silang kepada Nicklas Bendtner yang berada dalam posisi menguntungkan. Akan tetapi, tembakan Bendtner masih melenceng dari sasaran.

Semenit setelah peluang itu, Swedia bisa mencuri gol dari Denmark. Kali ini, umpan mendatar Mikael Lustig disambar Emil Forsberg untuk menggetarkan jala Schmeichel. Swedia memimpin 1-0 atas Denmark hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Swedia kembali bisa mengambil keuntungan dari lemahnya pertahanan tim Dinamit. Forsberg terpaksa dijatuhkan Kahlenberg di dalam kotak penalti yang memaksa wasit Nicola Rizzoli dari Italia menunjuk titik putih.

Zlatan Ibrahimovic yang menjadi algojo sukses mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-50. Itu menjadi gol pertama Ibrahimovic ke gawang Denmark dalam tujuh laga yang sudah dijalani. Swedia menggandakan kedudukan menjadi 2-0 atas Denmark.

Tertinggal dua gol, pelatih Denmark Morten Olsen mencoba mengubah komposisi pemain. Kahlenberg dan Viktor Fischer digantikan Nicolai Jorgensen dan Pierre-Emile Hojbjerg pada menit ke-54. Pada menit ke-71, Olsen memasukkan Yussuf Poulsen untuk mengisi posisi Martin Braithwaite.

Keputusan tersebut terbukti tepat. Pada menit ke-80, umpan Poulsen diteruskan Jorgensen untuk menggetarkan jala Swedia yang dikawal Andreas Isaksson. Denmark pun memperkecil skor menjadi 1-2.

Namun, Denmark gagal mendapatkan gol penyeimbang. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 tetap untuk kemenangan Swedia. Hasil ini tetap menjaga peluang Denmark untuk lolos ke Piala Eropa 2016. Tim Dinamit hanya perlu menang 1-0 atas Swedia pada pertemuan kedua yang berlangsung di Stadion Parken, Kopenhagen, Rabu (18/11/2015) dini hari WIB.

Susunan pemain
Swedia: 1-Andreas Isaksson; 2-Mikael Lustig, 4-Andreas Granqvist, 3-Mikael Antonsson (15-Erik Johansson 29'), 5-Martin Olsson; 6-Emil Forsberg, 8-Oscar Lewicki, 9-Kim Kallstrom, 21-Jimmy Durmaz (7-Sebastian Larsson 68'); 19-Marcus Berg, 10-Zlatan Ibrahimovic (11-John Guidetti 82')
Pelatih: Erik Hamren

Denmark: 1-Kasper Schmeichel; 6-Lars Jacobsen, 3-Simon Kjaer, 4-Daniel Agger, 5-Riza Durmisi; 7-William Kvist, 15-Thomas Kahlenberg (19-Nicolai Jorgensen 54'); 8-Martin Brauthwaite (20-Yussuf Poulsen 71'), 10-Christian Eriksen, 21-Viktor Fischer (23-Pierre-Emile Hojbjerg 54'); 11-Nicklas Bendtner
Pelatih: Morten Olsen

Wasit: Nicola Rizzoli

Video Populer

Foto Populer