Sukses


Irlandia Pupus Mimpi Bosnia-Herzegovina ke Piala Eropa

Bola.com, Dublin - Irlandia menaklukkan Bosnia-Herzegovina, 2-0, pada leg kedua play-off Piala Eropa 2016 di Aviva Stadium, Dublin, Selasa (17/11/2015) dini hari WIB. Irlandia lolos ke Prancis dengan keunggulan agregat 3-1 atas Bosnia-Herzegovina.

Pada laga tersebut, Irlandia membuka skor pada menit ke-24. Umpan silang Daryl Murphy mengenai tangan Ervin Zukanovic di dalam kotak penalti. Wasit Bjorn Kuipers dari Belanda langsung menunjuk titik putih.

Jonathan Walters yang menjadi algojo sukses menyarangkan gol ke gawang Irlandia. Sepakan penalti Walters salah ditebak kiper Bosnia-Herzegovina sekaligus mantan rekannya di Stoke City, Asmir Begovic.

Setelah tertinggal, Bosnia-Herzegovina mencoba keras mendapatkan gol penyeimbang. Namun, lini pertahanan Irlandia bermain baik dan sulit ditembus barisan penyerangan Bosnia-Herzegovina. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada babak kedua, Bosnia-Herzegovina melakukan pergantian pemain. Mohamed Besic dimainkan guna mengisi tempat Edin Cocalic yang tampil di bawah performa terbaik.

Sementara itu, Irlandia juga memasukkan dua pemain baru pada menit ke-55. Shane Long dan James McClean masuk untuk menggantikan Wesley Hoolahan dan Murphy.

Rupanya, Walters benar-benar menjadi mimpi buruk pertahanan Bosnia-Herzegovina. Pada menit ke-70, Walters menggandakan skor setelah memaksimalkan tendangan bebas Robbie Brady. Irlandia memimpin 2-0 atas Bosnia-Herzegovina.

Skor ini membuat peluang Bosnia-Herzegovina untuk lolos ke Piala Eropa 2016 semakin tertutup. Pasalnya, Bosnia-Herzegovina harus bisa mencetak minimal dua gol dan berharap Irlandia tidak menambah keunggulan pada sisa waktu 20 menit pertandingan.

Bosnia-Herzegovina gagal mewujudkan hal tersebut. Pertandingan berakhir 2-0 untuk kemenangan Irlandia sekaligus unggul agregat 3-1 atas Bosnia-Herzegovina. Irlandia mengamankan tiket ke-22 Piala Eropa 2016.

Bagi Bosnia-Herzegovina, hasil ini memupus mimpi lolos ke Piala Eropa untuk kali pertama. Ajang bergengsi satu-satunya yang pernah diikuti Bosnia-Herzegovina hingga saat ini adalah Piala Dunia 2014 di Brasil.

Susunan pemain
Irlandia: 23-Darren Randolph; 2-Seamus Coleman, 5-Richard Keogh, 12-Ciaran Clark, 19-Robbie Brady; 8-James McCarthy, 6-Glenn Whelan (4-John O'Shea 90'); 21-Jonathan Walters, 20-Wesley Hoolahan (11-James McClean 55'), 21-Jeffrey Hendrick; 13-Daryl Murphy (9-Shane Long 55')
Pelatih: Martin O'Neill

Bosnia-Herzegovina: 1-Asmir Begovic; 6-Ognjen Vranjes, 4-Emir Spahic, 17-Ervin Zukanovic, 5-Sead Kolasinac; 8-Haris Medunjanin (18-Milan Djuric 69'), 2-Edin Cocalic (7-Mohamed Besic 46'); 19-Edin Visca, 10-Miralem Pjanic, 16-Senad Lulic (9-Vedad Ibisevic 80'); 11-Edin Dzeko
Pelatih: Mehmed Bazdarevic

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

Video Populer

Foto Populer