Sukses


Bungkam Bordeaux, Liverpool Tembus 32 Besar Liga Europa

Bola.com, Liverpool - Liverpool tampil gemilang saat menghadapi Bordeaux di Stadion Anfield, Jumat (27/11/2015) dini hari WIB. Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, The Reds sukses membungkam Bordeaux dengan skor 2-1.

Sepasang gol kemenangan [Liverpool](2376136 "") disarangkan James Milner pada menit ke-38 dan Christian Benteke (45+1). Sementara itu, gol tunggal Bordeaux tercipta atas nama Henri Saivet pada menit ke-33.

Berkat hasil positif ini, Liverpool bercokol di puncak Grup B Liga Europa dengan nilai sembilan hasil dari lima pertandingan. Mereka pun berhak lolos ke babak 32 besar. Sementara itu, Bordeaux terdampar di dasar grup dengan baru mengoleksi tiga poin.

Melakoni matchday kelima Grup B Liga Europa, Liverpool langsung melancarkan serangan ke pertahanan Bordeaux. Beberapa kali pergerakan Roberto Firmino dan Christian Benteke merepotkan barisan belakang Bordeaux.

Pada menit ke-29, Benteke berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Bordeaux dengan sepakan mendatar. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena menilai Benteke lebih dulu berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Jordan Ibe.

Keasyikan menyerang justru gawang Liverpool yang harus kebobolan lebih dulu pada menit ke-33. Berawal dari kesalahan Simon Mignolet yang memegang bola hingga enam detik, wasit memberikan Bordeaux tendangan bebas dari dalam kotak penalti.

Henri Saivet menuntaskan peluang emas itu dengan baik. Umpan pendek Jaroslav Plasil langsung disambar Saivet dengan sepakan terukur kaki kanan. Bola pun meluncur deras masuk ke pojok kiri atas gawang The Reds.

Akan tetapi, lima menit berselang, Liverpool sukses menyamakan angka lewat eksekusi penalti. Hadiah itu diberikan wasit setelah Benteke dijatuhkan Lamine Sane di kotak terlarang. James Milner yang maju sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik.

Pada masa injury time, The Reds berbalik unggul. Umpan lambung Nathaniel Clyne diterima dengan baik oleh Benteke. Dengan tenang, penyerang timnas Belgia itu menjaringkan bola ke dalam gawang Bordeaux dengan sepakan keras kaki kanan.

Memasuki paruh kedua, Liverpool langsung tancap gas. Pada menit ke-53, Christian Benteke kembali membobol gawang Bordeaux setelah memanfaatkan assist dari James Milner. Akan tetapi, lagi-lagi, gol Benteke dianulir wasit karena menilai si pemain melakukan pelanggaran terhadap Ludovic Sane.

The Reds terus mengurung pertahanan Bordeaux. Dua peluang bagus didapat Joe Allen pada menit ke-54 dan Jordan Ibe menit ke-55. Namun, bola hasil sepakan Allen serta Ibe dapat digagalkan kiper.

Bordeaux masih sulit keluar dari tekanan. Skuat asuhan Willy Sagnol itu hanya sesekali mengancam gawang Liverpool lewat serangan balik.

Pada masa injury time, Bordeaux memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Namun, bola hasil eksekusi tendangan bebas Henri Saivet mampu dimentahkan Simon Mignolet. Sampai peluit berbunyi panjang, skor 2-1 Liverpool atas Bordeaux tetap bertahan.

Berdasarkan data yang dicatat situs resmi UEFA, Liverpool menciptakan empat peluang emas dari enam upaya, dengan penguasaan bola 47 persen. Sementara itu, Bordeaux hanya melepaskan dua tembakan akurat dari empat kali percobaan. 

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): 22-Simon Mignolet; 2-Nathaniel Clyne, 4-Kolo Toure, 6-Dejan Lovren, 18-Alberto Moreno; 7-James Milner, 21-Lucas, 24-Joe Allen (23-Emre Can 67'); 9-Christian Benteke, 11-Roberto Firmino (20-Adam Lallana 74'), 33-Jordon Ibe (27-Divock Origi 90').

Bordeaux (4-5-1): 16 -Cedric Carrasso; 3-Diego Contento, 6-Ludovic Sane, 17-Andre Biyogo Poko, 21-Cedric Yambere; 9-Diego Rolan, 10-Henri Saivet, 11-Clement Chantome, 18-Jaroslav Plasil (37-Adam Ounas 84'), 20-Jussie (19-Nicolas Maurice-Belay 76'); 27-Enzo Crivelli (14-Cheick Diabate 67').

Wasit: Alon Yefet (Israel)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer