Sukses


Kiper Ini Pegang Rekor Gol Tembakan dari Jarak Terjauh

Bola.com - Seorang kiper memiliki tugas utama menjaga gawangnya agar tidak kebobolan lawan. Namun, tak jarang, penjaga gawang ternyata bisa mencatatkan nama di papan skor.

Beberapa pemain seperti Rogerio Ceni, Jose Luis Chilavert, atau Hans-Jorg Butt, merupakan kiper yang sering mencetak gol ke gawang lawan. Kebanyakan, tiga kiper tersebut menceploskan bola melalui tendangan penalti dan tendangan bebas.

Sementara itu, hal menarik pernah dilakukan kiper asal Jerman, Wilhelm Huxhorn. Huxhorn masuk Guinness Book World of Record sebagai pencetak gol terjauh dari jarak 102 meter.

Kiper SV Darmstadt itu mencatat rekor tersebut pada pertandingan 2.Bundesliga kontra Fortuna Koln, 27 April 1985. Pada menit ke-20, Huxhorn melepaskan umpan jauh ke daerah pertahanan Fortuna Koln.

Namun, bola sepakan Huxhorn melesat jauh karena bantuan angin. Penyerang Darmstadt ataupun bek Fortuna Koln tak mampu mengontrol bola dengan sempurna. Begitu pun dengan kiper Fortuna Koln, Robert Hemmerlein. Bola memantul dua kali dan akhirnya masuk ke gawang Fortuna Koln.

Itu menjadi satu-satunya gol yang dicetak Huxhorn sepanjang kariernya. Huxhorn lantas pensiun di klub yang sama pada akhir musim 1992-1993. Pada 15 April 2010, Huxhorn meninggal dunia karena penyakit leukimia yang dideritanya selama beberapa tahun.

Sumber: Bundesliga, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer