Sukses


Prediksi Juventus vs Bayern Munchen: Sentral Vidal

Bola.com, Turin - Juventus akan menjamu Bayern Munchen pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Juventus Stadium, Rabu (24/2/2016) dini hari WIB. Laga ini merupakan kali pertama Arturo Vidal kembali menginjakan kaki ke stadion yang telah membesarkan namanya setelah hengkang ke Bayern.

Berbicara soal kesuksesan Juventus dalam lima musim terakhir, tak etis jika mengesampingkan kontribusi Vidal. Gelandang berkebangsaan Cile itu merupakan salah satu aktor penting I Bianconeri menjadi merajai di Serie A. Lantas masihkah dia dianggap sebagai pahlawan Kota Turin ketika melawan Juventus dengan berseragam Bayern Munchen?

Vidal bergabung dengan The Bavarians pada 28 Juli 2015 setelah menghabiskan empat musim bersama La Vecchia Signora. Bayern mendatangkan Vidal dengan dana mencapai 37 juta euro plus 3 juta euro dalam klausul bonus.

Bersama Bayern, dia sukses menembus skuat utama dan kolaborasinya dengan Xabi Alonso di lini tengah membawa FC Hollywood saat ini berada di pucuk klasemen dengan koleksi 59 poin. Bayern unggul delapan poin dari Borussia Dortmund di posisi kedua.

Namun, sebelum berbicara kesuksesan Vidal bersama Bayern, ada baiknya mengingat kembali awal mula nama gelandang berambut mohawk ini melejit dan juga kesuksesannya bersama Juventus.

Vidal pertama kali melejit saat memperkuat Bayer Leverkusen pada tahun 2007. Bersama Leverkusen, karier Vidal sempat terkendala karena permasalahan cedera. Baru pada musim 2008-2009, Vidal memulai perjalanan apiknya di Bundesliga.

Vidal berhasil mengantarkan Bayer Leverkusen menembus final DFB-Pokal pada saat itu. Hebatnya lagi, Vidal juga mampu menciptakan satu gol ketika Bayer Leverkusen menang 4-2 atas Bayern Munchen di babak perempat final.

Vidal seperti tak bisa berhenti mencetak gol ketika dia juga melakukannya saat mengoyak gawang Mainz 05 di babak semifinal DFB-Pokal untuk membantu Bayer menang 4-1 atas Mainz. Sayang di laga final, Vidal gagal meneruskan tren baiknya setelah kalah 0-1 dari Werder Bremen berkat gol Mesut Ozil.

Meski begitu, pada musim 2010-2011, sinar Vidal kian terang bersama Bayer Leverkusen. Pemain yang menciptakan 15 gol selama kariernya di Bundesliga ini berhasil mengantarkan Bayer Leverkusen menyudahi musim di peringkat kedua.

Catatan ciamik itu yang tampaknya membuat Juventus kepincut hingga mendatangkannya pada 22 Juli 2011 dengan mahar 10,5 juta euro dan kontrak berdurasi lima tahun. Keputusan itu terbukti tepat, Vidal sukses membawa Juventus menjuarai Serie A empat musim berturut-turut (2011-2012, 2012-2013, 2013-2014, dan 2014-2015).

Kontribusi yang diberikan Vidal untuk Juventus memang terbilang besar. Selain jumlah gol yang cukup banyak (35 gol) untuk ukuran seorang gelandang bertahan, trionya bersama Andrea Pirlo dan Paul Pogba juga sempat menjadi salah satu yang terbaik di Italia bahkan Eropa.

Terbukti ketika ketiga pemain tersebut mampu mengantarkan Juventus berada di partai puncak kompetisi tertinggi Eropa, Liga Champions pada musim 2014-2015. Sayang, skuat asuhan Massimilano Allegri tersebut gagal mengangkat trofi Liga Champions usai ditaklukkan Barcelona dengan skor akhir 1-3 di Olympiastadion, Berlin.

Meski begitu, sudah cukup bagi Vidal menjadi pemain pujaan tifosi Juventus. Penghargaan individu pun sukses didapatkannya seperti pemain terbaik Juventus 2012-2013, serta berada di peringkat kedelapan dalam urutan pemain terbaik Eropa 2014-2015.

"Arturo pergi ke Bayern dan kami juga akan menghadapi Kingsley Coman. Kita semua tahu kualitas Arturo. Dia pemain yang sangat dinamis, dan selalu berlari. Vidal juga mampu mencetak gol dan memiliki skill dan finishing yang baik," kata Pogba.

"Dia adalah contoh pemain sepak bola yang lengkap. Kami akan berlatih untuk menghentikannya, serta pemain Bayern lain. Kami sangat mengenalnya. Jadi, dia pasti akan memberikan kami beberapa ancaman. Kami harap kami bisa menang melawan teman kami, Arturo," tutur Pogba.

Kewaspadaan Pogba terhadap Vidal memang masuk diakal. Apalagi pada musim ini, Vidal juga tampil apik bersama Die Roten setelah mampu mencetak tiga gol dan tujuh assist dalam 32 pertandingan bersama Bayern di semua ajang.

Gelandang Bayern Munchen, Arturo Vidal, akan bertemu mantan klubnya, Juventus, pada babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Christof Stache)

Kendati berstatus sebagai lawan, Vidal tampaknya masih memandang Juventus sebagai tim yang telah berjasa besar pada kariernya. Untuk menghormati Juventus dan para suporter, Vidal dipastikan tidak akan melakukan selebrasi andai berhasil mencetak gol ke gawang Gianluigi Buffon pada laga nanti.

"Saya datang ke Turin sebagai lawan bukan musuh. Saya tidak tahu bagaimana mereka akan menyambut kehadiran saya di lapangan. Tapi, saya harap para fans tidak menyoraki saya. Jika nanti mencetak gol saya tidak akan melakukan selebrasi," ungkap Vidal.

Meski begitu belum diketahui bagaimana reaksi yang akan ditunjukkan pendukung Juventus saat melihat mantan pemain kesayangannya kini bertindak sebagai lawan. Sebab, keputusan Vidal hengkang ke Bayern tentu membuat rasa kecewa dalam diri para pendukung. Lalu sambutan apakah yang akan diberikan para pendukung Juventus pada laga nanti? Menarik ditunggu.

Perkiraan susunan pemain:

Juventus: Gianluigi Buffon, Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Patrice Evra, Juan Cuadrado, Sami Khedira, Claudio Marchisio, Paul Pogba, Paulo Dybala, Mario Mandzukic.

Bayern Munchen: Manuel Neuer, Juan Bernat, David Alaba, Mehdi Benatia, Philipp Lahm, Xabi Alonso, Arturo Vidal, Thiago Alcantara, Douglas Costa, Robert Lewandowski, Thomas Muller.

Head To Head:

11/04/13 Juventus 0 – 2 Bayern Munchen (Liga Champions)
03/04/13 Bayern Munchen 2 – 0 Juventus (Liga Champions)
09/12/09 Juventus 1 – 4 Bayern Munchen (Liga Champions)
01/10/09 Bayern Munchen 0 – 0 Juventus (Liga Champions)
03/11/05 Juventus 2 – 1 Bayern Munchen (Liga Champions)

Lima Pertandingan Terakhir Juventus :

20/02/16 Bologna 0 – 0 Juventus (Serie A)
14/02/16 Juventus 1 – 0 Napoli (Serie A)
07/02/16 Frosinone 0 – 2 Juventus (Serie A)
04/02/16 Juventus 1 – 0 Genoa (Serie A)
31/01/16 Chievo 0 – 4 Juventus (Serie A)

Lima Pertandingan Terakhir Bayern Munchen :

20/02/16 Bayern Munchen 3 – 1 Darmstadt 98 (Bundesliga)
14/02/16 Augsburg 1 – 3 Bayern Munchen (Bundesliga)
11/02/16 Bochum 0 – 3 Bayern Munchen (DFB-Pokal)
07/02/16 Bayer Leverkusen 0 – 0 Bayern Munchen (Bundesliga)
31/01/16 Bayern Munchen 2 – 0 Hoffenheim (Bundesliga)

Prediksi Bola.com: Juventus 50-50 Bayern Munchen

Sumber: Football Italia, UEFA, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer