Sukses


9 Fakta Menarik Jelang Laga Dortmund Vs Bayern Munchen

Bola.com, Dortmund - Borussia Dortmund akan melakoni big match melawan Bayern Munchen pada pertandingan pekan ke-25 Bundesliga, di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (5/3/2016). Kedua tim bakal saling sikut demi memperebutkan gelar juara musim ini. 

Dortmund memiliki keuntungan pada pertandingan ini. Selain bakal tampil di hadapan pendukungnya sendiri, skuat asuhan Thomas Tuchel itu pun sedang berada dalam performa bagus setelah belum pernah terkalahkan dalam 10 laga terakhir sejak 23 Januari lalu. 

Sementara itu, situasi berbeda dialami Bayern. Meski sempat tampil perkasa pada awal musim, penampilan Die Roten sedang melempem dalam beberapa pekan terakhir. Teranyar, Thomas Muller dan kawan-kawan bahkan kalah 0-1 dari Mainz di Allianz Arena pada Rabu (2/3/2016). 

Hasil ini membuat Dortmund di atas angin. Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan sementara menempati peringkat kedua klasemen Bundesliga dengan poin 57, hanya tertinggal tiga angka dari Bayern di posisi pertama. 

Berikut ini adalah sembilan fakta menarik menjelang pertemuan kedua tim: 

Dortmund

1. Dortmund hanya mampu meraih satu kali kemenangan dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Bayern di Allianz Arena (3-0 pada April 2014, sementara sisanya imbang dua kali, kalah empat kali).

2. Dortmund menelan tiga kekalahan dalam tiga pertemuan terakhir melawan Bayern. Mereka terakhir kali menelan kekalahan lima beruntun melawan Bayern pada 1968-1970.

3. Thomas Tuchel selalu gagal meraih kemenangan dalam lima pertemuan terakhir melawan Bayern. Pencapaian terbaiknya adalah imbang tanpa gol melawan Bayern pada April 2012 ketika masih melatih Mainz.

4. Mats Hummels merupakan salah satu pemain binaan akademi Bayern. Dia melakoni debut pertama bersama Bayern pada musim 2006-07.

5. Gelandang Borussia Dortmund, Gonzalo Castro dan bintang Bayern Munchen, Arturo Vidal, pernah bekerja sama saat masih berkarier di Bayer Leverkusen pada musim 2007 hingga 2011.

Bayern

1. Kemenangan terbesar Bayern atas Dortmund di ajang Bundesliga terjadi pada November 1971. Kala itu, Die Roten menghancurkan Dortmund 11-1.

2. Saat melawan Mainz, Bayern untuk pertama kalinya semenjak 17 Desember 2005 hanya memiliki satu pemain Jerman di dalam starting eleven, yakni Manuel Neuer. Terakhir kali satu-satunya pemain Jerman yang pernah mengalami situasi sama adalah Oliver Kahn saat Bayern menang 2-1 atas Dortmund.

3. Direktur Olahraga Bayern, Matthias Sammer merupakan salah satu legenda Dortmund. Ia sempat bermain 115 kali bersama BVB pada 1993-1997 dan mencetak total 21 gol. Saat memimpin Dortmund menjadi juara pada 2002, Samer pun tercatat sebagai pelatih termuda yang mampu meraih gelar.

4. Mario Gotze, yang bergabung ke Bayern dari Dortmund, belum pernah tampil di Bundesliga semenjak timnya menang 5-1 atas Dortmund pada 4 Oktober 2015 Ketika itu, Gotze menyumbang satu gol dan satu assist.

Sumber: Footyroom

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer