Sukses


Timnas Wanita AS Ingin Dibayar Lebih Layak

Bola.com, Washington - Lima pemain tim nasional wanita Amerika Serikat (USWNT), melalui Equal Employment Opportunity Commission, mengajukan gugatan kepada Federasi Sepak Bola AS (USSF). Mereka merasa tidak mendapat gaji yang layak dari (USSF).

Alex Morgan, Carli Llyod, Megan Rapinoe, Becky Sauerbrunn, dan Hope Solo mengatakan, para pemain USWNT dibayar tidak lebih dari setengah bayaran yang diterima timnas pria AS (USMNT). Padahal secara prestasi, USWNT lebih bersinar ketimbang USMNT.

"Angka-angka yang berbicara sendiri," kata Solo mengenai bayaran yang diterima bersama rekan-rekannya.

USWNT saat ini menduduki peringkat satu dunia versi FIFA. Semenjak diadakan peringkat FIFA untuk sepak bola wanita, posisi terburuk USWNT adalah peringkat kedua dunia.

USWNT meraih tiga gelar Piala Dunia Wanita pada 1991, 1999, dan 2015. Mereka juga mampu merebut emas dalam Olimpiade cabang sepak bola wanita pada 1996, 2004, 2008, dan 2012.

Sementara itu, USMNT justru tidak pernah menjuarai Piala Dunia ataupun Olimpiade. Peringkat FIFA terbaik USMNT adalah posisi keempat yang terjadi pada April 2006.

Keinginan para pemain USWNT mendapat bayaran setara dengan kaum adam ternyata didukung banyak pihak. Bahkan, legenda sepak bola AS, Landon Donovan, meminta pihak federasi untuk mengabulkan keinginan Solo dkk.

"#USWNT layak diperlakukan adil dalam segala hal," tulis Donovan dalam akun Twitter-nya.

Adapun pihak federasi masih belum banyak mengeluarkan komentar. Dalam sebuah konfirmasi, USSF hanya menyebut kebanggaan terhadap kinerja para pesepak bola wanita AS.

"Kami telah menjadi pemimpin dunia dalam hal sepak bola wanita dan bangga dengan komitmen yang telah dibuat untuk membangun permainan ini untuk para wanita AS dalam 30 tahun terakhir," sebut pernyataan USSF.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer