Sukses


Jelang Pembukaan Euro 2016, Keamanan Stade de France Ditingkatkan

Bola.com, Saint-Denis - Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve, berjanji keamanan di Stade de France bakal ditingkatkan menjelang pembukaan pagelaran Piala Eropa 2016 pada 10 Juni mendatang. 

Janji tersebut diungkapkan Cazeneuve setelah terjadi insiden di dalam stadion saat menggelar laga final Piala Prancis antara Paris Saint-Germain kontra Marseille, Sabtu (21/5/2016). Beberapa fans dikabarkan membakar kursi stadion ketika pertandingan sedang berlangsung. 

Menurut Cazeneuve, beberapa oknum suporter kedua tim masuk ke stadion dengan cara menjebol pagar pembatas di salah satu pintu masuk. Oleh karena itu, ia menilai, pengawasan terhadap pergerakan suporter akan ditingkatkan selama pertandingan Piala Eropa berlangsung. 

"Sudah diputuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan ini secara cepat agar menjamin aliran para suporter yang ingin memasuki stadion. Para petugas dari perusahaan keamanan swasta yang andal juga akan mengecek satu per satu agar titik keluar stadion aman," kata Cazeneuve.

Suasana Stade de France, Saint-Denis, Prancis, saat pembukaan Piala Dunia 1998. (AFP/Gabriel Bouys).

Stade de France sempat menjadi target para pelaku teror pada peristiwa tragedi berdarah di Paris pada November 2015. Pada saat peristiwa tersebut berlangsung, Stade de France sedang menggelar pertandingan uji coba antara tim nasional Jerman melawan Prancis. 

Demi menjaga agar kelangsungan pembukaan Piala Eropa 2016 berlangsung lancar, beberapa penanggung jawab kota terdekat di Paris berjanji bakal ikut membantu. Philippe Galli, misalnya, yang merupakan wakil dari daerah Sene-Saint-Denis, mengatakan akan memberikan dukungan penuh. 

"Ada beberapa titik lemah yang tidak bisa diterima. Kami akan melihat hal-hal apa yang tidak seusai dengan peraturan yang ada. Kami juga harus bersiap untuk mengantisipasi andaikan ada suporter-suporter yang terlihat kerusuhan baik di dalam atau luar lapangan," kata Galli. 

Petugas terlibat baku tembak saat melindungi warga sipil dalam latihan serangan teroris di Stadion Pierre Mauroy, Prancis (21/4). Latihan untuk mengantisipasi serangan teroris pada pertandingan sepak bola Euro 2016. (AFP PHOTO/DENIS Charlet).

UEFA dikabarkan bakal menerjunkan sekitar 10.000 hingga 15.000 staf keamanan ke 110 tempat, termasuk stadion, hotel tim, selama Piala Eropa berlangsung. Staf keamanan tersebut pun bakal dibekalkan perlengkapan dengan teknologi tinggi demi menjamin keamanan. 

Lebih dari 2,5 juta suporter diperkirakan bakal hadir di Paris untuk menyaksikan total 51 pertandingan di 10 stadion berbeda di Prancis. Selain itu, ada pula "Fan Zones" yang bakal menjadi tempat berkumpulkan ratusan suporter dari berbagai negara tim peserta turnamen tersebut. 

"Gila jika Anda berpikir bisa menempatkan 100 ribu orang di area Menara Eiffel setiap malam selama sebulan tanpa memperhitungkan adanya risiko. Oleh sebab itu, kami akan berusaha maksimal mengerahkan kemampuan setiap hari selama turnamen berlangsung," tambah Manuel Valls, Perdana Menteri Prancis. 

Sumber: Telegraph, Guardian, RFI, fr

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer