Sukses


Jelang Final Liga Champions: Simeone dan Rekor Carniglia-Herrera

Bola.com, Madrid - Diego Simeone membidik rekor saat Atletico Madrid menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions, di San Siro, Milan, Sabtu (28/5/2016). Jika Atletico Madrid juara, Simeone menjadi pelatih non-Eropa pertama yang mampu melakukannya sejak era Liga Champions.

Sebelumnya, hanya Luis Carniglia dan Helenio Herrera tercatat sebagai pelatih non-Eropa yang bisa memenangi trofi Si Kuping Besar. Namun, keduanya menorehkan prestasi tersebut pada era Piala Champions (sebelum tahun 1992).

Carniglia berhasil membawa Real Madrid menjadi juara Piala Champions 1958 dan 1959. Saat itu, Los Blancos mengandalkan para pemain, seperti Alfredo Di Stefano dan Francisco Gento.

Setelah prestasi itu, Herrera bisa menyamai catatan Carniglia. Melatih Inter Milan, Herrera mengangkat trofi Piala Champions pada 1964 dan 1965.

Apa yang dilakukan Carniglia dan Herrera tidak bisa diulangi pelatih-pelatih non-Eropa lain. Di samping itu, beberapa klub Eropa lebih memercayai ditangani arsitek asli Benua Biru.

Sebenarnya, Simeone memiliki kesempatan menyamai catatan kedua pendahulunya itu pada musim 2013-2014. Namun, saat itu Atletico Madrid dipaksa takluk 1-4 dari Real Madrid pada final yang berlangsung di Estadion da Luz, Lisbon.

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer