Sukses


Bintang Piala Eropa 2016: Robert Lewandowski

Bola.com, Jakarta - Ia telah memperkuat timnas Polandia sejak 2008. Pemain 27 tahun itu menjadi andalan Polandia di lini depan. Memiliki insting tinggi dalam mencetak gol baik dengan kaki ataupun kepala, Robert Lewandowski menjadi satu di antara penyerang yang ditakuti di Eropa.

Berkat kemampuannya dalam membobol gawang lawan, pemain dengan tinggi badan 184 cm tersebut menempati daftar teratas pencetak gol terbanyak kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan 13 gol. Dia unggul dua gol dari bomber timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic yang berada di tempat kedua.

Skill mengolah bola Lewandowski yang berada di atas rata-rata sudah terlihat sejak masih memperkuat Znicz Pruszkow. Bersama klub yang kini berlaga di divisi tiga Liga Polandia tersebut, Lewandowski berhasil mendulang 37 gol dari 67 pertandingan.

Berkat penampilan gemilangnya itu, Lewandowski dipinang klub elit Polandia, Lech Poznan pada Juni 2008. Selama dua musim membela Poznan dari 2008 hingga 2010, Lewandowski mencetak 41 gol dari 82 penampilan di seluruh ajang kompetisi.

Dia pun kemudian digaet Borussia Dortmund dengan benderol 4,75 juta euro pada 1 Juli 2010. Bersama Dortmund, kemampuan Lewandowski dalam mencetak gol semakin terasah. Empat musim berseragam Die Borussen, penyerang kelahiran 21 Agustus 1988 itu mencetak 103 gol plus 43 assist dari 187 penampilan di seluruh laga. Dia juga turut membawa Dortmund meraih empat gelar juara, termasuk dua trofi Bundesliga Jerman.

Pada November 2013, Lewandowski memutuskan gabung ke Bayern Munchen setelah kontraknya bersama Der BVB usai pada akhir musim 2013-2014. Sejauh ini, dia telah mengoleksi 56 gol dan 17 assist dari 80 pertandingan. Berkat kontribusinya di lini depan, Die Bayern sukses menjuarai Bundesliga musim 2014-2015.

Penyerang Timnas Polandia, Robert Lewandowski (kanan) berdiskusi dengan Pelatih Adam Nawalka, di tengah laga persahabatan internasional kontra Finlandia, di Municipal Stadium, Wroclaw, Polandia (26/3/2016). Lewy menjadi tukang gedor sekaligus kapten Polan

Di ajang Piala Eropa 2016, Lewandowski diharapkan bisa kembali memperlihatkan ketajamannya dan membantu Polandia meraih hasil maksimal. Apalagi, Polandia tak pernah sekalipun mampu lolos dari fase grup putaran final Piala Eropa.

Harapan tersebut bisa menjadi kenyataan jika melihat sepak terjang sang bomber sepanjang musim lalu. Setahun belakangan, ia mampu bermain 49 partai, dengan mencetak 44 gol dan 3 asis.

Ia memiliki agresivitas tinggi, yang terlihat dengan rata-rata 4,5 tembakan tepat sasaran per partai. "Kami tak ingin membuang kesempatan untuk mencatat sejarah. Setelah menjadi tuan rumah, kami harus meneruskan tren positif pada fase kualifikasi," tutur Lewandowski.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer