Sukses


5 Pemain Beragama Islam di Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Bulan Ramadhan telah tiba. Para umat Muslim dari segala penjuru dunia menjalani Ibadah Puasa. Lantas, bagaimana dengan para pemain yang berlaga di Piala Eropa 2016?

 

Bulan Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada Hari Senin (6/6/2016). Setelah melakukan ibadah Shalat Tarawih pertama pada Hari Minggu (5/6/2016), para umat Muslim hari ini menjalani ibadah Puasa.

Sementara itu, pembukaan putaran final Piala Eropa 2016 akan berlangsung pada Jumat (10/6/2016). Tuan rumah Prancis akan menjalani laga pertamanya di hari itu dengan menghadapi Rumania di Stade de France, Saint-Denis.

Prancis sendiri setidaknya memiliki empat pemain yang beragama Islam. Mereka adalah Adil Rami, Paul Pogba, Moussa Sissoko, dan Bacary Sagna,

Sementara itu, timnas Jerman yang tergabung di Grup C akan menjalani laga pertamaa dengan bersua Ukraina di Stade Pierre-Mauroy, Lille, (12/6/2016), atau pada saat ibadah Puasa hari keenam.

Dalam skuat Tim Panser, gelandang Mesut Ozil dikenal sebagai pemeluk agama Islam yang paling taat. Selain Ozil, adal dua pemain lainnya yang juga memeluk agama Islam, yakni Emre Can dan Sami Khedira.

Selain itu, beberapa pemain dari negara lainnnya juga diketahui beragama Islam, di antaranya Xherdan Shaqiri (Swiss), Arda Turan (Turki) Moussa Dembele dan Marouane Fellaini (Belgia).

1. Mesut Ozil (Jerman)

Lima pemain yang beragama Islam di Piala Eropa 2016

Mesut Ozil sudah memastikan takkan melakukan ibadah Puasa. Dua tahun lalu, Ozil juga melakukan hal yang sama saat harus membela timnas Jerman pada ajang Piala Dunia 2014 di Brasil.

Ozil lebih memilih membayar Fidyah ketimbang tidak bisa tampil maksimal dalam membela negaranya. Selain Ozil, Jerman juga memiliki Emre Can dan Sami Khedira yang juga beragama Islam.

"Piala Eropa digelar pada musim panas. Cuaca saat ini terlalu hangat sedangkan kami memiliki jadwal latihan dan pertandingan yang sangat intens. Jadi bagi saya ini tidak memungkinkan (untuk puasa)," kata Ozil seperti dilansir Squawka.

Menjelang putaran final Piala Eropa 2016, Ozil sudah tampil empat kali membela Jerman pada laga persahabatan dan menciptakan satu gol.

2. Moussa Sissoko (Prancis)

Lima pemain beragama Islam di Piala Eropa 2016. (EPA/Peter Powell)

Sissoko lahir du Le Blanc-Mesnil, Seine-Sainter-Denis, pada 16 Agustus 1989. Dia lahir dari orangtua yang berasal dari Mali. Sissoko memulai karier juniornya di klub Esperance Aulay.

Berada di sana selama empat tahun, dari tahun 1995 hingga 1999, Sissoko kemudian pindah ke Red Star Paris selama dua tahun, yakni 1999 hingga 2001. Sempat kembali lagi ke Esperance Aulay, Sissoko akhirnya memulai karier seniornya di Toulouse dan bergabung bersama Newcastle United pada tahun 2013.

Selama empat musim memperkuat Newcastle, pemain berusia 26 tahun itu tampil sebanyak 132 kali dan menciptakan 12 gol. Namun, dia musim ini gagal membawa The Magpies menghindari jerat zona degradasi.

3. Marouane Fellaini (Belgia)

Lima pemain beragama Islam di Piala Eropa 2016. (EPA/Peter Powell)

Marouane Fellaini lahir di Maroko pada 22 November 1987. Dia memeluk agama Islam sejak lahir. Ayah Fellaini, Abdellatif, adalah mantan penjaga gawang klub Raja Casablanca dan Hassania Agadir.

Ayah Fellaini terpaksa harus pensiun dini karena klub Racing Mechelen tak ingin melepasnya meskipun kontraknya sudah habis. Dia kemudian bekerja sebagai supir bus dan fokus untuk membina karier anaknya.

Fellaini memulai karier yunior bersama klub asal Belgia, Anderlecht, pada tahun 1994. Namun, dia baru mengecap manisnya tampil di tim senior saat membela Standard Liege pada tahun 2006.

Fellaini memulai petualangannya di Inggris pada tahun 2008 dengan bergabung bersama Everton. lima tahun berada di Kota Liverpool, pemain berusia 28 tahun itu bergabung bersama Manchester United pada tahun 2013.

Fellaini sejauh ini tampil 86 kali bersama MU dan menciptakan 11 gol. Adapun bersama timnas Belgia, dia tampil 64 kali dan menciptakan 15 gol.

4. Moussa Dembele (Belgia)

Lima pemain beragama Islam di Piala Eropa 2016. (Epa/Peter Powell)

Selain Fellaini, pemain Belgia lainnya yang juga beragama Islam adalah Moussa Dembele. Pemain yang kini berusia 28 tahun itu lahir di Wilrijk, Antwerp, 16 Juli 1987.

Ayah Dembele berkewarganegaraan Mali. Sementara itu, ibunya berkebangsaan Belgia. Sama halnya dengan Fellaini, Dembele memeluk agama Isla sejak lahir.

Dembele memulai karier yuniornya bersama klub Berchem Sport. Adapun, dia memulai karier seniornya bersama klub Germina Beerschot. Setahun berada di sana, Dembele terbang ke Belanda dan memperkuat Willem II serta AZ Alkmar.

Pada tahun 2010, dia bergabung bersama klub asal Inggris, Fulham, dan kemudian hijrah ke Tottenham Hotspur pada tahun 2012. Selama empat musim berseragam Spurs, Dembele bermain 156 kali dan menciptakan enam gol. Dia memiliki 62 caps membela timnas Belgia dan menciptakan lima gol.

5. Arda Turan (Turki)

Lima pemain yang beragama Islam di Piala Eropa. (EPA/Peter Powell)

Arda Turan lahir di Fatih, Turki, pada 30 Januari 1987. Seperti mayoritas warga Turki lainnya, Turan memeluk agama Islam sejak lahir. Dia menjadi pemain Turki pertama yang mampu meraih gelar La Liga Spanyol saat membela Atletico Madrid pada musim 2013-2014.

Turan merupakan produk asli binaan klub Galatasaray. Dia dipromosikan ke tim utama oleh Gheorghe Hagi pada musim 2004-2005. Tujuh tahun memperkuat Galatasaray, Turan hijrah ke Spanyol dan membela Atletico Madrid pada tahun 2011.

Selama empat musim berseragam Los Rojiblancos, pemain berusia 28 tahun itu tampil 178 kali dan menciptakan 32 gol serta 22 assist. Dia kini bermain untuk klub Barcelona. Arda Turan merupakan kapten timnas Turki dengan caps 90 kali dan menciptakan 17 gol.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer