Sukses


Prediksi Brasil Vs Haiti: Cari Identitas dan Kemenangan Perdana

Bola.com, Glendale - Timnas Brasil mengincar kemenangan pertamanya pada ajang Copa America 2016 saat berhadapan melawan Haiti di University of Phoenix Stadium, Glendale, Rabu (8/6/2016).

 

Timnas Brasil, yang menjadi salah satu kandidat terkuat juara pada turnamen ini, hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat berhadapan melawan Ekuador pada laga perdana Grup B di Stadion Rosebowl, Pasadena, (4/6/2016).

Padahal, statistik ESPN menyebutkan Brasil memegang kendali permainan dengan persentase penguasaan bola mencapai 70 persen. Namun, Selecao hanya mampu menghadirkan dua peluang dari sembilan percobaan.

Seusai pertandingan, kritikan berduyun-duyun menghampiri pelatih Dunga dari media Brasil. Pria yang ditunjuk sebagai arsitek pada 22 Juli 2014 dianggap telah menghilangkan gaya permainan indah Selecao dan menerapkan gaya permainan efektif ala Eropa.

Ya, pada pertandingan itu Brasil bermain bagaikan kehilangan identitasnya. Tak ada pola permainan umpan pendek cepat dari kaki ke kaki yang ditunjang oleh skill individu aduhai para pemainnya. Selecao lebih banyak mengedepankan permainan umpan jauh dan silang layaknya gaya sepak bola Eropa.

Selain itu, Brasil seakan kehilangan pemimpin di lini tengah yang mampu menjadi Jendral dalam membangun serangan. Peran itu sejatinya menjadi milik Elias. Namun, dia gagal menjalankan perannya dengan baik sehingga digantikan oleh Lucas Lima pada babak kedua. Lini serang Brasil juga kurang tajam. Jonas, Lucas Moura, hingga Gabriel gagal mengonversi menjai gol sejumlah peluang emas.

"Kami harus melakukan pembenahan di segala lini. Ini bukan hanya tentang bertahan atau menyerang. Kami harus bermain lebih kompak. Kami sudah tahu bagaimana Ekuador akan bermain," ujar Dunga.

"Kami tahu taktik permainan mereka. Para pemain Ekuador amat fokus sepanjang pertandingan. Kami banyak membuat peluang. Tetapi, kami gagal mengonversinya menjadi gol," ia menambahkan.

Pada pertandingan nanti, Brasil tetap tak bisa menurunkan dua bintangnya, Neymar dan Douglas Costa, akibat cedera. Dengan demikian, Brasil tamplanya akan tetap bertumpu pada trio Philippe Coutinho, Willian, dan Jonas dalam balutan skema 4-3-3.

Di sisi lain, Haiti harus menelan pil pahit dengan dikalahkan 0-1 oleh Peru pada pertandingan pertama. Gol tunggal kemenangan Peru dicetak Paulo Guerrero pada menit ke-61.

Mereka juga dinaungi rekor buruk menjelang laga nanti. Haiti pernah sekali bertemu Brasil pada ajang Pan American Games tahun 1959. Hasilnyam mereka takluk dengan skor telak 9-1.

Haiti juga menelan kekalahan di tiga pertandingan terakhir. Parahnya lagi, mereka hanya mampu menciptakan stau gol dari empat pertandingan terakhirnya.

"Kami memiliki dua pertandingan yang amat berat setelah kalah melawan Peru. Kami harus menghadapi Brasil dan Ekuador. Tujuan utama kami adalah mendapatkan hasil sebaik mungkin. Tetapi, kami juga tahu bahwa laga akan berjalan amat sulit," ungkap pelatih Patrice Neveu.

"Semua orang memimpikan pertandingan melawan Brasil. Anda harus realistis. Copa America adalah turnamen besar. Anda tak boleh hidup dalam mimpi. Kami amat menghormati Brasil. Namun, kami juga ingin menunjukkan hasil positif di lapangan," ia menambahkan.

Timnas Haiti sebelumnya sudah kehilangan Herve Bazile akibat cedera. Sementara itu, kondisi Max Hilaire diragukan akibat mengalami memar betis pada laga melawan Peru. Kemungkinan besar Jean-Marc Alexandre bakal menggantikan posisinya.

Perkiraan Susunan Pemain:

Brasil (4-1-4-1): Allison Becker; Dani Alves, Marquinhos, Miranda, Felipe Luis; Casemiro; Willian, Elias, Renato Augusto, Philippe Coutinho; Jonas.

Haiti (4-3-3): Johnny Placide; Kim Jaggy, Mechak Jerome, Romain Genevois, Reginal Goreux; Jean-Michel Alexandre, Kevin Lafrance, James Marcelin; Wilde-Donald Guerrier Guerrier, Duckens Nazon, Jeff Louis


Head to Head:

30/08/59 Brasil 9 - 1 Haiti (PAN America Games)

Lima Pertandingan Terakhir Brasil:

18/11/15 Brasil 3 - 0 Peru (Kualifikasi Piala Dunia)
26/03/16 Brasil 2 - 2 Uruguay (Kualifikasi Piala Dunia)
30/03/16 Paraguay 2 - 2 Brasil (Kualifikasi Piala Dunia)
30/05/16 Panama 0 - 2 Brasil (Uji Coba)
05/06/16 Brasil 0 - 0 Ekuador (Copa America)

Lima Pertandingan Terakhir Haiti:

09/01/16 Trinidad and Tobago 0 - 1 Haiti (Kualifikasi CA)
26/03/16 Haiti 0 - 0 Panama (Kualifikasi Piala Dunia)
30/03/16 Panama 1 - 0 Haiti (Kualifikasi Piala Dunia)
30/05/16 Kolombia 3 - 1 Haiti (Uji Coba)
05/06/16 Haiti 0 - 1 Peru (Copa America)

Presentase Bola.com

Brasil 60:40 Haiti

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini: 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer