Sukses


Ultah ke-40, Ini Fakta Menarik Patrick Vieira

Bola.com, New York - Hari ini, Kamis (23/6/2016), legenda Arsenal dan tim nasional Prancis, Patrick Vieira, menginjak usia 40 tahun. Selama masih aktif bermain, Vieira pernah mendapat predikat sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Vieira pernah merasakan kesuksesan di level klub dan internasional. Bersama timnas Prancis, Vieira pernah merasakan menjadi juara dunia dan juara Eropa. Selain prestasi, kontroversi juga melekat pada dirinya. Perseteruannya dengan Roy Keane selalu menjadi topik hangat dan daya tarik.

Kedua pernah berada dalam satu wadah Premier League. Vieira merupakan kapten Arsenal, sedangkan Keane adalah kapten Manchester United.

Saat ini, Vieira telah memasuki dunia manajerial. Setelah menjadi staf pelatih dan kepala program pengembangan pemain di Manchester City, Vieira pun melanjutkan jenjangnya menjadi manajer klub afiliasi The Citizens di Amerika Serikat, New York City FC.

Untuk memperingati hari ulang tahun legenda Arsenal ini, berikut ini adalah 10 fakta menarik seputar Patrick Vieira:

1. Vieira lahir di kota Dakar, Senegal. Pada usia delapan tahun ia pindah ke Prancis bersama keluarganya.

2. Selama berkarier sebagai pesepak bola, Vieira telah mendapatkan enam gelar juara liga (tiga kali bersama Arsenal dan tiga kali bersama Inter Milan)

3. Pada Februari 2005, Vieira berseteru dengan rival abadinya, Roy Keane, di lorong lapangan sebelum pertandingan Arsenal kontra Manchester United. Kejadian ini melegenda dan masih dikenang hingga sekarang.

4. Vieira menjadi bagian timnas Prancis yang menjuarai trofi Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

5. Selama berkarier, Vieira telah membela enam klub. satu klub Prancis (Cannes), dua klub Inggris (Arsenal & Manchester City) dan tiga klub Italia (AC Milan, Juventus, dan Inter Milan).

6. Arsenal menjadi klub yang paling banyak dibela oleh Vieira (407 penampilan).

7. Vieira gantung sepatu pada usia 35 tahun. Penampilan terakhirnya terjadi pada laga final Piala FA 2011, ketika Manchester City menumbangkan Stoke City.

8. Vieira menjadi pelatih berkulit hitam pertama yang menangani klub di kompetisi Major League Soccer (MLS).

9. Vieira mempunyai catatan buruk sebagai pelatih New York City FC, yaitu ketika kalah 0-7 dalam laga derby menghadapi New York Red Bulls.

10. Pada Maret 2004, Pele menyertakan nama Vieira dalam daftar 100 pesepak bola terbaik.

Sumber: Skysports

Video Populer

Foto Populer