Sukses


Tendangan Bebas Ronaldo Lebih Akurat Ketimbang Messi dan Bale

Bola.com - Cristiano Ronaldo belum mampu mencetak gol melalui tendangan bebas di Piala Eropa 2016. Meski begitu, akurasi sepakan bebas CR7 masih lebih akurat ketimbang Lionel Messi dan Gareth Bale. 

Berdasarkan statistik yang dilansir Whoscored, Ronaldo telah mengeksekusi delapan free-kick dari tiga pertandingan di Grup F Piala Eropa tahun ini, dengan rincian tiga tendangan saat bersua Islandia, dua sepakan ketika bersua Austria, dan tiga saat menghadapi Hungaria.

Dari delapan tendangan bebas tersebut tidak ada yang berbuah gol. Torehan tersebut menambah panjang catatan minor Ronaldo ketika mengeksekusi tendangan bebas sejak membela Portugal pada 2004. Dari 42 kali melepaskan tendangan bebas, pemain 31 tahun itu tak sekalipin mampu membobol gawang lawan.

Meski demikian, akurasi tendangan bebas Cristiano Ronaldo masih yang paling mematikan di Eropa. Berikut ini hasil analisa eksekusi tendangan bebas Ronaldo, Lionel Messi, Dimitri Payet, dan Gareth Bale yang dilansir Sky Sports berdasarkan data penampilan sejak awal musim 2009-2010:

1. Cristiano Ronaldo
CR7 memang mengalami penurunan performa di Piala Eropa 2016. Meski begitu, dia tetap menjadi eksekutor tendangan bebas dengan rasio gol terbaik. Megabintang Real Madrid itu sukses menyarangkan 12 gol dari 141 peluang atau dengan rasio yang mencapai 8,5 persen.

2. Lionel Messi
Messi mencetak gol tendangan bebas lebih banyak dari Ronaldo. La Pulga juga mampu mengukir dua gol dari tendangan bebas di ajang Copa America 2016, yakni ketika Argentina menang 5-0 atas Panama pada laga kedua Grup D, dan membantu tim Tango melumat Amerika Serikat 4-0 pada semifinal.

Secara keseluruhan, kapten timnas Argentina ini mencetak 18 gol dari 232 peluang yang dia dapatkan dari tendangan bebas. Namun dengan peluang yang lebih banyak, rasio gol tendangan bebas Messi menurun. Penyerang Barcelona itu mempunyai rasio gol tendangan bebas sebesar 7,8 persen.

3. Dimitri Payet
Payet mencuri perhatian dunia berkat aksinya bersama West Ham United dan timnas Prancis. Selain mempunyai dribel yang mumpuni, tingkat akurasi dalam mengeksekusi tendangan bebas juga terbilang tinggi. Payet mempunyai rasio gol sebesar 6,3 persen setelah mencetak empat gol dari 63 peluang tendangan bebas.

4. Gareth Bale
Bale mungkin tampil mengagumkan bersama Wales di Piala Eropa 2016. Namun pencapaian Bale terbilang paling sedikit dalam hal mengeksekusi tendangan bebas.

Tiga gol dari 83 peluang membuat Bale hanya mempunyai rasio gol tendangan bebas sebesar 3,6 persen. Namun, berkat dua gol tendangan bebasnya di fase grup Piala Eropa 2016, Bale membuka harapan untuk menjadi pengambil tendangan bebas pertama untuk klubnya, Real Madrid, pada musim depan.

Sumber: Skysports

Video Populer

Foto Populer