Sukses


Portugal Kerja Keras Depak Kroasia dari Piala Eropa

Bola.com, Lens - Portugal bekerja keras meraih kemenangan 1-0 atas Kroasia pada laga 16 besar Piala Eropa 2016 di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Minggu (26/6/2016) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Portugal baru tercipta menit ke-117.

Hasil ini membuat Portugal lolos ke perempat final, dan akan menghadapi Polandia di Stade Velodrome, Marseille, 1 Juni 2016.

Kroasia lebih dulu mengambil inisiatif serangan sejak bola digulirkan. Namun, rapatnya barisan belakang Portugal membuat serangan Kroasia yang dibangun Luka Modric, Ivan Perisic, dan Ivan Rakitic selalu kandas.

Hingga pertandingan berjalan 30 menit, tidak ada peluang bagus yang didapat oleh kedua tim. Bola hasil sundulan Pepe pada menit ke-25 melayang jauh di atas mistar gawang Kroasia, sedangkan bola hasil tembakan Perisic menit ke-30 melebar di sisi kanan gawang Portugal.

Sampai memasuki menit ke-45, baik Kroasia dan Portugal sama sekali tidak melepaskan tembakan ke arah gawang. Alhasil, skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Kondisi yang tak jauh berbeda terjadi pada babak kedua. Bola hasil sepakan Marcelo Brozovic menit ke-52 dan tendangan Luka Modric menit ke-56 belum mengarah ke gawang Portugal.

Sementara itu, upaya Portugal mencetak gol lewat kaki Renato Sanches menit ke-57 dan Nani menit ke-63 juga tak membuahkan hasil. Tembakan Renato dan Nani melebar dari gawang Kroasia.

Memasuki menit-menit akhir, kedua tim meningkatkan tempo serangan. Namun tetap tidak ada satupun tembakan on target pada paruh kedua. Skor imbang 0-0 bertahan hingga waktu normal berakhir, dan laga berlanjut ke extra time.

Pada 15 menit pertama, tidak banyak peluang yang tercipta. Tercatat hanya ada tiga tembakan melenceng yang dilepaskan Kroasia melalui Ivan Perisic menit ke-94, Nikola Kalinic menit ke-96, dan Marcelo Brozovic menit ke-100. Sementara itu, Portugal sama sekali tak memperoleh kesempatan melepaskan tembakan.

Masuk 15 menit terakhir, tempo permainan kian meningkat. Ivan Perisic nyaris memecah kebuntuan Kroasia pada menit ke-116. Sayang, bola hasil sundulan Perisic masih menerpa mistar gawang.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya tercipta pada menit ke-117. Berawal dari serangan balik, Luis Nani mengirimkan bola kepada Cristiano Ronaldo yang telah menanti di dalam kotak penalti.

Berada dalam kondisi tak terkawal, CR7 melepaskan sepakan kaki kanan, namun masih mampu ditepis kiper Kroasia, Danijel Subasic. Bola rebound langsung disambar Ricardo Quaresma dengan sundulan. Si kulit bundar pun meluncur deras masuk ke dalam gawang. Hingga laga usai, skor 1-0 untuk kemenangan Portugal tetap bertahan.

Susunan pemain:
Kroasia (4-4-1-1): 23-Danijel Subasic; 11-Darijo Srna, 21-Domagoj Vida, 5-Vedran Corluka (9-Andrej Kramaric , 3-Ivan Strinic; 14-Marcelo Brozovic, 19-Milan Badelj, 10-Luka Modric, 4-Ivan Perisic; 7-Ivan Rakitic (20-Marko Pjaca 110'), 17-Mario Mandzukic (16-Nikola Kalinic 88').

Pelatih: Ante Cacic

Portugal (4-4-2): 1-Rui Patricio; 21-Cedric Soares, 4-Jose Fonte, 3-Pepe, 5-Raphael Guerreiro; 10-Joao Mario (20-Ricardo Quaresma 87'), 23-Adrien Silva (13-Danilo Pereira 108'), 14-William Carvalho, 15-Andre Gomes (16-Renato Sanches 50'); 7-Cristiano Ronaldo, 17-Luis Nani.

Pelatih: Fernando Santos

Wasit: Carlos Velasco

Video Populer

Foto Populer