Sukses


Laga Prancis Vs Irlandia Cetak Rekor di Piala Eropa

Bola.com, Lyon - Langkah Republik Irlandia di Piala Eropa 2016 harus terhenti di babak 16 besar setelah takluk 1-2 dari tuan rumah Prancis, Minggu (26/6/2016). Namun, ada satu catatan positif yang terjadi pada laga tersebut, yaitu ketika Robbie Brady mencetak gol dari titik putih saat laga baru berjalan dua menit.

Pelanggaran yang dilakukan Paul Pogba terhadap Shane Long membuat wasit Nicola Rizzoli menghadiahkan tendangan penalti kepada Irlandia. Brady yang ditunjuk sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa negaranya memimpin. Gol Brady tercatat sebagai gol penalti tercepat sepanjang penyelenggaraan Piala Eropa.

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Jika melihat rekor gol Piala Eropa secara keseluruhan, gol penalti Brady berada di urutan kedua gol tercepat. Berikut ini adalah rekor gol tercepat sepanjang penyelenggaraan Piala Eropa:

1. Dimitri Kirichenko (Rusia 2-1 Yunani, Piala Eropa 2004)
Dimitri Kirichenko mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pencetak gol tercepat di Piala Eropa. Kirichenko sukses membobol gawang Yunani ketika laga baru berjalan 67 detik. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Rusia.

2. Robbie Brady (Prancis 2-1 Rep. Irlandia, Piala Eropa 2016)
Robbie Brady sukses menaklukkan Hugo Lloris dan membawa Rep. Irlandia unggul ketika laga baru berjalan dua menit. Asa Irlandia sempat melambung tinggi sebelum akhirnya Antoine Griezmann membalikkan kedudukan melalui dua gol yang ia cetak.

3. Sergei Aleinikov (Inggris 1-3 Uni Soviet, Piala Eropa 1988)
Uni Soviet membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tempat di semifinal Piala Eropa 1988. Kesalahan yang dilakukan Glenn Hoddle mampu dimaksimalkan Sergei Aleinikov untuk membawa Uni Soviet ketika laga baru berjalan 2 menit 7 detik.

4. Petr Jiracek (Rep. Ceska 2-1 Yunani, Piala Eropa 2012)
Rep. Ceska membutuhkan kemenangan usai kalah di laga pembuka dari Rusia. Tekanan yang dilancarkan Ceska membuahkan hasil setelah Petr Jiracek membuka keunggulan negaranya pada saat laga baru berjalan 2 menit 14 detik.

5. Alan Shearer (Inggris 1-1 Jerman, Piala Eropa 1996)
Ada dua pemain yang mencatatkan gol pada waktu 2 menit 14 detik. 16 tahun sebelum gol Jiracek, Alan Shearer juga berhasil membobol gawang Jerman pada waktu pertandingan yang sama (2:14).

6. Michael Owen (Portugal 2-2 Inggris, Piala Eropa 2004)
Delapan tahun setelah gol Shearer, bintang Inggris lainnya, Michael Owen, hampir menyamai pencapaian seniornya tersebut. Gol Owen ke gawang Portugal tercetak saat laga berjalan 2 menit 25 detik.

7. Hristo Stoichkov (Bulgaria 1-0 Rumania, Piala Eropa 1996)
Legenda Bulgaria, Hristo Stoichkov, juga mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol tercepat di ajang Piala Eropa. Stoichkov melakukannya pada Piala Eropa 1996 saat Bulgaria berhadapan dengan Rumania. Stoichkov mencetak gol saat laga berjalan 2 menit 27 detik.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer