Sukses


8 Catatan Unik Kekalahan Inggris dari Islandia

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris tersingkir dari babak 16 besar Piala Eropa 2016 setelah kalah 1-2 dari Islandia, Selasa (28/6/2016). Berikut berbagai fakta menarik yang terjaring setelah pertandingan itu.

Bertarung di Stadion Allianz Riviera, Inggris sepertinya bakal menang mudah setelah Wayne Rooney menciptakan gol melalui titik putih pada menit keempat.

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Namun, Islandia mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Ragnar Sigurdsson dua menit berselang. Islandia berbalik unggul 2-1 pada menit ke-18 lewat sumbangan gol Kolbeinn Sigthorsson.

Padahal, Inggris menguasai penuh jalannya pertandingan dengan statistik penguasaan bola sebesar 63 persen dan memiliki delapan peluang. Adapun, Islandia hanya lima kali mengancam gawang Inggris. Namun, Tiga Singa gagal menambah gol pada waktu tersisa.

Kegagalan ini menambah rekor buruk Inggris dengan hanya mampu lolos dua kali dari 10 fase knock-out pada turnamen mayor, yakni pada Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006.

Sebagai bentuk tanggung jawab atas kegagalan Inggris, pelatih Roy Hodgson memutuskan mundur dari jabatannya. Steve McClaren dan Gareth Southgate saat ini dijagokan sebagai penggantinya.

Catatan Menarik:

1. Kapten Inggris, Wayne Rooney, berhasil menyamai caps David Beckham sebagai pemain di luar kiper yang paling banyak memperkuat The Three Lions. Roo tampil 115 kali memperkuat Inggris.

2. Sebelum laga ini, empat penampilan terakhir Inggris di fase knock-out Piala Eropa harus dilalui dengan adu penalti. Hasilnya, Inggris menang sekali dan kalah tiga kali.

3. Ini adalah pertama kalinya sepanjang Piala Eropa 2016 kedua tim mampu menciptakan gol hanya dalam waktu enam menit.

4. Pemain Islandia, Kolbeinn Sigthorsson, butuh waktu 263 menit untuk menciptakan peluang pertamanya di Piala Eropa 2016. Beruntung, peluang pertama itu justru berbuah gol kemenangan Islandia.

5. Ini menjadi pertama kalinya Inggris kebobolan dua gol dalam waktu 18 menit setelah bulan November 2007 (Inggris 2-3 Kroasia).

6. Inggris hanya mampu dua kali lolos dari 10 kali fase knock-out di turnamen mayor, yakni pada Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006.

7. Roy Hodgson berada di posisi keenam pelatih timnas Inggris dengan rasio kemenangan terbaik. Persentase kemenangan mantan pelatih Liverpool itu adalah 58,8 persen.

8. Roy Hodgson hanya mampu meraih tiga kemenangan dari 11 partai pada putaran final Piala Dunia dan Piala Eropa.

Sumber: Opta Joe

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini 

Video Populer

Foto Populer