Sukses


Statistik Portugal dan Prancis Ketika Menjalani Adu Penalti

Bola.com, Paris - Laga final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade de France, Senin (11/7/2016) dini hari WIB, akan mempertemukan Portugal kontra Prancis. Duel ini diprediksi berjalan sengit dan penentuan pemenang bakal dilakukan lewat adu penalti.

Portugal meraih tiket ke final Piala Eropa 2016 setelah membungkam Wales dengan skor 2-0 di Parc Olympique Lyonnais, 7 Juni 2016. Sementara itu, Prancis menembus partai puncak usai menang dua gol tanpa balas atas Jerman di Stade Velodrome pada 8 Juli 2016.

Bagi kedua tim, laga ini adalah pertemuan yang ke-25 di seluruh ajang kompetisi. Prancis berhasil memetik 18 kemenangan, sedangkan Portugal meraih lima kemenangan, dan satu laga tersisa berakhir imbang.

Les Blues juga sukses menyapu bersih kemenangan dalam 10 pertemuan terakhir melawan A Selecao. Pada pertemuan sebelumnya di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, 5 September 2015, Prancis menang dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Mathieu Valbuena menit ke-85.

Meski memiliki catatan apik ketika bersua Portugal, Prancis diyakini tak akan begitu saja mudah meraih kemenangan. Apalagi, Portugal belum pernah menelan kekalahan dalam 13 laga terakhir, dengan rincian sembilan kemenangan dan empat hasil imbang.

Dengan skuat yang dimiliki saat ini, seperti Luis Nani, Renato Sanches, William Carvalho, hingga Cristiano Ronaldo, Portugal bakal merepotkan Prancis. Bukan mustahil Portugal mampu menahan imbang Prancis hingga 120 menit, dan penentuan pemenang dilakukan lewat adu penalti.

"Saya mendukung Prancis sebelum turnamen, namun saya tidak melihat pertandingan ini bakal berjalan mudah buat mereka, seperti yang semua orang pikirkan," ujar mantan winger Arsenal, Paul Merson.

"Ini bisa menjadi malam yang panjang di Paris di mana Portugal akan memaksa laga berlanjut hingga adu penalti," lanjut Merson yang kini menjadi pengamat sepak bola di Sky Sports.

Jika laga berlanjut ke babak adu penalti, Portugal berada di atas angin. Sebab, persentase kemenangan A Selecao ketika bermain pada babak tos-tosan mencapai 75 persen.

Dari empat kali melakukan adu penalti di turnamen besar, Portugal mampu meraih tiga kemenangan dan menelan satu kekalahan. Salah satu kemenangan yang didapat adalah saat bersua Polandia pada perempat final Piala Eropa 2016.

Sementara itu, Prancis memiliki catatan yang tak terlalu memuaskan pada adu penalti. Les Blues meraih tiga kemenangan dan menelan tiga kekalahan dari enam adu penalti terakhir baik itu di Piala Dunia ataupun Piala Eropa.

Kekalahan yang paling menyakitkan terjadi di Piala Dunia 2006. Bersua Italia pada partai final yang dihelat di Olympiastadion, Berlin, 9 Juli 2006, Les Blues kalah dengan skor 3-5.

Kendati demikian, laga final Piala Eropa jarang berlanjut hingga adu penalti. Sejak pertama kali digelar pada 1960, penentuan pemenang lewat adu penalti hanya pernah terjadi pada Piala Eropa 1976. Saat itu, Cekoslovakia menang 5-3 atas Jerman Barat setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer