Sukses


Julen Lopetegui Resmi Jadi Suksesor Del Bosque di Timnas Spanyol

Bola.com, Madrid - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) resmi mengumumkan Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol. Lopetegui menggantikan peran Vicente del Bosque yang memutuskan mundur usai Piala Eropa 2016. 

Pelatih berusia 49 tahun tersebut sukses menyingkirkan beberapa nama kandidat lainnya, yakni Joaquin Caparros dan Jose Antonio Camacho. Nama Caparros bahkan sempat mencuat sebagai kandidat terkuat karena didukung beberapa petinggi RFEF dan presiden klub peserta La Liga Spanyol.

Sebelum ditunjuk menjadi juru taktik tim nasional Spanyol, Lopetegui sempat membesut tim junior La Furia Roja. Dirinya pernah menjadi pengatur strategi untuk Spanyol U-19, U-20, dan U-21.

Pengalamannya dalam mengenali karakter permainan Spanyol usia muda inilah yang diyakini yang membuat RFEF menunjuk mantan pemain Barcelona dan Real Madrid ini dipilih menjadi pelatih utama La Roja.

Selain pernah membesut Spanyol di tingkat negara, pria yang saat masih aktif bermain berposisi sebagai kiper ini pernah membesut Rayo Vallecano, Real Madrid B, dan yang terakhir FC Porto sebelum diberhentikan pada Januari 2016.

Tugas Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol diyakini tidak akan mudah. Sebab, dia menggantikan sosok Vicente del Bosque yang berhasil membawa skuat Matador meraih trofi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Lopetegui akan menjalani tugas perdana sebagai pelatih timnas Spanyol adalah saat menghadapi Belgia pada laga persahabatan di Stade Roi Baudouin, Brussel, 2 September 2015.

Sumber: Football Espana

Video Populer

Foto Populer