Sukses


Barcelona Siapkan Formasi 3-4-3 Kontra Manchester City

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Luis Enrique Martinez menyebut pasukannya akan menerapkan strategi formasi 3-4-3 kala bersua Manchester City, tengah pekan ini. Pada laga lanjutan Liga Champions 2016-2017 tersebut, sang entrenador mengaku taktik tersebut menjadi alternatif utama yang cocok untuk menekan The Citizens.

Seperti dirilis Sport.es, Minggu (16/10/2016) waktu setempat atau Senin (17/10/2016) dini hari WIB, Luis Enrique merasa puas dengan apa yang telah ditunjukkan anak asuhnya terkait pla 3-4-3. Skema tersebut menjadi terobosan baru akibat cedera yang dialami bek kanan Sergi Roberto.

Alih-alih memaksimalkan peran Aleix Vidal, sang pemain justru tak masuk dalam skuat tim utama. Walhasil, Enrique merombak taktik, dan ternyata menuai hasil positif. Barcelona menekuk Deportivo La Coruna, akhir pekan lalu, dengan skor 4-0. Empat gol tercipta melalui Rafinha (21', 36'), Luis Suárez (43') dan Lionel Messi (58')

Pada laga versus La Coruna, Enrique menempatkan tiga bek sejajar, yakni Gerard Pique, Jeremy Mathieu dan Javier Mascherano. Hasilnya, mereka mampu bermain kompak, sehingga area pertahanan menjadi minim ancaman dari La Coruna.

"Tiga bek kontra City?. Saya pikir Mascherano sangat cepat, Mathieu menjadi yang paling cepat serta Pique mampu bergerak cepat meski berpostur tinggi. Artinya, tiga pemain tersebut bisa meredam kecepatan para pemain City," beber Enrique.

Sedangkan variasi empat pemain tengah juga menjadi hal baru. Sebelumnya, El Barca terbiasa menggunakan jasa tiga gelandang, dengan satu di antaranya berstatus gelandang bertahan. Kali ini, Enrique puas dengan uji coba penggunaan empat pemain di area dapur serangan.

Pada laga tersebut, Sergio Busquets menjalankan fungsi seperti biasa, dengan Rafinha di sisi kanan, dan Lucas Digne di area kiri. Ivan Rakitic menjadi penyalur bola sekaligus berposisi sebagai gelandang serang. Pada babak kedua ada perubahan seiring masuknya Lionel Messi.

Area depan berisi Luis Suarez, Neymar dan Arda Turan. Babak kedua ada sedikit perbedaan, terutama demi mengakomodir permainan Messi. Masuknya Paco Alcacer memberi tambahan tekanan bagi lawan, plus Denis Suarez yang bergerak dari sayap.

"Anda bisa melihat sendiri saat Leo kembali, dan langsung menginjak gas untuk bermain cepat. Timku bermain pelan tapi pasti, dan itu sangat penting kala bersua Manchester City. Saya senang, karena Barcelona menunjukkan permainan berbeda dengan sangat lembut dari sisi transisi," jelas Enrique.

Sang nakhoda tim yakin, taktik baru tersebut membuat permainan Barcelona tak mudah ditebak lawan, terutama Manchester City. "Alcacer?, kita semua tahu dia striker yang sangat haus gol. Tapi saat bersua La Coruna, dia hanya kurang beruntung. Saya pikir dia bisa menjadi pilihan bijak saat bertemu Man City," ucap Enrique.

Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic mengakui pola anyar tersebut membuat permainan menjadi lebih cepat. "Satu yang harus diwaspadai adalah serangan balik," katanya.

Sumber: Sport.es

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer