Sukses


Lakukan Blunder Konyol, Kiper Korea Utara Dihukum 1 Tahun

Bola.com, Kuala Lumpur - Insiden konyol pada pertandingan Piala AFC U-16 2016 antara timnas Korea Utara melawan Uzbekistan berbuntut panjang. Federasi Sepak bola Asia (AFC) memberikan hukuman terhadap kiper Korea Utara, Jang Paek-Ho, karena dianggap sengaja melakukan blunder.

Bermain di Stadion GMC, Bambolim, India, Jumat (23/9/2016), Korea Utara menyerah dengan skor 1-3. Sebenarnya, semua gol Uzbekistan sebenarnya bisa saja dicegah seandainya lini pertahanan Korut fokus. Namun, gol pertama Uzbekistan menjadi yang paling diingat.

Kala itu, kiper Uzbekistan, Jaurbek Umrzakov, langsung menendang balo jauh ke depan. Penjaga gawang Korut, Jang Paek-Ho, keluar dari sarangnya dan mencoba menyundul bola. Namun, tandukannya tidak mengenai bola.

Bola memantul dan bergulir menuju gawang. Jang Paek-Ho mencoba mengejarnya. Namun, dia dua kali terjatuh dan bola meluncur mulus masuk ke dalam gawang.

Seperti dilansir BBC, Sabtu (5/11/2016), AFC memberikan hukuman skorsing selama setahun kepada Jang Paek-Ho plus denda 800 poundsterling (Rp 13 juta).

Sementara itu, pelatih Korut, Yung Jong su, mendapatkan larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama setahun dan denda sebesar 4000 poundsterling (Rp 65 juta).

Meski didenda, Korea Utara tetap mendapatkan hak untuk tampil dalam Piala Dunia U-17 yang digelar di India Oktober 2017 mendatang. Hanya saja Jang Paek-ho dan Yung Jong-su tidak boleh terlibat dalam ajang tersebut.

Sumber: BBC

 

Video Populer

Foto Populer