Sukses


Cristiano Ronaldo Akhiri 2016 dengan Sempurna di Jepang

Bola.com, Yokohama - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mendapat penghargaan Club World Cup 2016 Golden Ball setelah menjadi top scorer turnamen dengan raihan empat gol. 

Cristiano Ronaldo tampil gemilang saat memimpin Real Madrid menang 4-2 atas Kashima Antlers, sekaligus memastikan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2016. Pemain berusia 31 tahun tersebut menyumbang tiga gol El Real, sedangkan sisanya ditorehkan Karim Benzema. 

Satu gol lain Cristiano Ronaldo diciptakannya pada semifinal saat menghadapi Club America. Menurut catatan FIFA, dalam dua pertandingan, Cristiano Ronaldo melepaskan total 18 tendangan ke arah gawang lawan, dengan empat di antaranya sukses menjadi gol. 

Pencapaian ini pun semakin menambah kegemilangan karier Cristiano Ronaldo sepanjang 2016. Beberapa hari sebelum Real Madrid berangkat ke Jepang, Cristiano Ronaldo didaulat sebagai pemain terbaik dunia setelah meraih penghargaan Ballon d'Or 2016. 

Cristiano Ronaldo, meraih penghargaan Ballon d'Or 2016 pada Senin (12/12/2016) waktu setempat. Ronaldo unggul perolehan suara dari Lionel Messi dan Antoine Griezmann. (AFP/L'equipe/Franck Seguin).

Trofi Ballon d'Or tersebut menjadi milik Cristiano Ronaldo karena ia dianggap sukses mengantarkan Real Madrid meraih gelar Liga Champions dan tim nasional Portugal menjadi kampiun Piala Eropa. 

Cristiano Ronaldo kawinkan gelar Juara Piala Eropa 2016 dan Liga Champions 2016 setelah Portugal mengalahkan Prancis 1-0 pada laga final Piala Eropa 2016 di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7/2016) dini hari WIB. (Reuters/Charles Platiau).

Menurut catatan Squawka, sepanjang 2016--hingga laga terakhir melawan Kashima Antlers--Cristiano Ronaldo telah menorehkan 55 gol dan 17 assist dari 57 pertandingan. Ia pun meraih empat trofi, di antaranya Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. 

"Statistik tidak berbohong. Saya sangat senang. Saya menjalani musim yang sangat baik sebagai seorang individu dan sebagai bagian dari tim. Saya menunjukkan kualitas di dalam lapangan dan tidak ada hal yang berjalan buruk. Saya ingin tetap bekerja keras dan menikmati permainan sepak bola seperti ini," kata Cristiano Ronaldo, seusai laga melawan Kashima Antlers. 

Sumber: FIFA, Squawka, Real Madrid

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer