Sukses


Pakai 12 Pemain Ilegal, Timor Leste Disanksi AFC

Bola.com, Kuala Lumpur - Komite Disiplin AFC menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) karena memakai 12 pemain ilegal dalam laga uji coba di bawah yurisdiksi AFC dan FIFA pada Jumat (20/1/2017). Salah satu sanksi yang diberikan adalah mengeluarkan Timor Leste dari Piala Asia 2023.

Pihak AFC melakukan investigasi terkait keabsahan pemain Timor Leste saat bermain di babak play-off Piala Asia 2019 tanggal 2 dan 6 Juni pada 9 Juni 2016.

Investigasi itu dilakukan untuk mengidentifikasi 12 pemain kelahiran Brasil yang didaftarkan ke AFC dengan dokumen palsu. Sebelumnya, dokumen itu diberikan ke administrator AFC untuk menunjukkan bahwa para pemain tersebut bisa membela Timor Leste dengan alasan orangtua mereka lahir di Timor Leste. Namun, dokumen itu akhirnya diketahui palsu.

Dari hasil investigasi itu pula diketahui ada sembilan pemain yang berpartisipasi dalam 29 pertandingan yang berada di bawah yurisdiksi AFC dan tujuh laga berada di bawah yurisdiksi FIFA.

Komdis AFC pun memerintahkan Timor Leste dikeluarkan dari partisipasi di Piala Asia 2023 dan dijatuhi denda 20 ribu dolar AS atau sekitar Rp 267,7 juta.

Selain itu, Komdis AFC juga menghukum Sekjen FFTL, Amandio de Araujo berupa larangan beraktivitas di sepak bola selama 3 tahun dan denda 9 ribu dolar AS (Rp 120 juta) karena bertanggung jawab untuk penggunaan dokumen palsu tersebut. Sedangkan salah satu ofisial dari FFTL, Gelasio De Silva kena denda 3 ribu dolar (Rp 40 juta) karena ikut terlibat dalam praktek pemain ilegal ini.

Terakhir, Komdis AFC memastikan 29 pertandingan yang melibatkan pemain ilegal itu dibatalkan plus denda 56 ribu dolar (Rp 750 juta) dengan masa percobaan selama dua tahun. Menariknya, satu dari 12 pemain ilegal itu adalah Diogo Santos Rangel yang pernah bermain di Indonesia bersama Sriwijaya FC dan Gresik United.

12 Pemain Ilegal Timor Leste

Ramon de Lima Saro, Paulo Helber Rosa Ribeiro, Diogo Santos Rangel, Rodrigo Sousa Silva, Patrick Fabiano Alves Nobrega Luz, Paulo Cesar da Silva Martins, Jairo Pinheiro Palmeira Neto, Felipe Bertoldo do Santos, Junior Aparecido Guimaro de Souza, Jaime Celestino Dias Braganca, Heberty Fernandes de Andrade, Thiago dos Santos Cunha

 

Video Populer

Foto Populer