Sukses


5 Gol Terbaik Michael Essien di Chelsea dan Real Madrid

Bola.com — Michael Essien, resmi bergabung dengan Persib Bandung, Selasa (14/3/2017). Sebelum berkarier dengan Maung Bandung, gelandang asal Ghana tersebut sempat membela klub-klub besar Eropa, seperti Lyon, Chelsea, AC Milan, hingga Real Madrid. 

Karier sang pemain pun cukup cemerlang. Pria berusia 34 tahun ini telah memenangi 13 trofi bergengsi, seperti Ligue 1, Premier League, serta Liga Champions.

Essien juga mencatatkan 62 gol dari 547 pertandingan selama berprofesi sebagai pesepak bola bola, yakni 25 gol untuk Chelsea, 13 gol bersama Olympique Lyon, 12 gol dengan SC Bastia, sembilan gol untuk timnas Ghana, dua gol untuk Real Madrid, serta satu gol ketika membela Panathinaikos.

Dari 62 gol tersebut, 27 di antaranya dicetak sewaktu Essien masih membela Chelsea dan Real Madrid. Lantas, seperti apa gol-gol terbaik sang pemain. Berikut ini lima gol terbaik Michael Essien saat ia masih berseragam Chelsea dan Real Madrid.

1. Chelsea 1-1 Arsenal (Premier League, 10 Desember 2006)

Di Chelsea, Essien menggapai puncak karier. Dia mampu meraih dua gelar Premier League (2006 dan 2010). (AFP Photo)

Gol menit-menit akhir Michael Essien pada laga ini menyelamatkan Chelsea dari kekalahan di hadapan para pendukungnya sendiri. Bermain di Stamford Bridge, The Blues tertinggal lebih dulu lewat Mathieu Flamini pada menit ke-78.

Beruntung bagi Chelsea, umpan matang Frank Lampard mampu disambut dengan baik oleh Michael Essien. Pemain asal Ghana ini kemudian melepaskan tendangan kaki kanan yang bolanya tidak bisa dijangkau kiper Arsenal, Jens Lehmann.

*video kompilasi gol-gol Michael Essien ini dapat disaksikan pada akhir artikel. 

2 dari 3 halaman

2. Valencia 1-2 Chelsea (Liga Champions, 10 April 2007)

Essien membantu Chelsea lolos ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya sepanjang sejarah klub. Gol menit akhir Essien memastikan kelolosan The Blues ke babak empat besar.

Laga antara Chelsea melawan Valencia berjalan sangat ketat. Mereka bermain sama kuat pada kedua pertemuan. Pertandingan leg pertama yang dilangsungkan di Stamford Bridge berakhir dengan skor 1-1.

Pertandingan sepertinya akan berlanjut ke perpanjangan waktu pada leg kedua, setelah gol Fernando Morientes pada menit ke-32 mampu dibalas Andriy Shevchenko 20 menit kemudian.

Akan tetapi, Essien yang waktu itu bermain sebagai bek kanan berlari menyusuri sisi lapangan sebelum melepas tendangan yang bolanya masuk ke sudut gawang Valencia pada menit ke-90.

3. Tottenham Hotspur 4-4 Chelsea (Premier League, 19 Maret 2008)

Chelsea terlibat pertandingan saling mengejar gol pada pekan ke-30 Premier League, sewaktu mereka bertandang ke markas Tottenham Hotspur di Stadion White Hart Lane.

Pada pertandingan tersebut Chelsea unggul terlebih dulu lewat gol cepat Didier Drogba pada menit ketiga, sebelum disamakan Tottenham lewat sundulan Jonathan Woodgate delapan menit berselang.

Chelsea yang ingin meraih kemenangan terus menggempur gawang rival sekota mereka. Usaha mereka membuahkan hasil setelah umpan Joe Cole mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Essien yang mencetak gol melalui tendangan kaki kanan.

Meski begitu, Tottenham tidak menyerah untuk mengejar angka. Dua gol tambahan Chelsea yang tercipta melalui Joe Cole pada menit ke-53 dan 80' mampu dibalas Dimitar Berbatov (60'), Tom Huddlestone (75'), serta Robbie Kane (88').

3 dari 3 halaman

4. Chelsea 1-1 Barcelona (Liga Champions, 6 Mei 2009)

Chelsea berhasil lolos ke semifinal Liga Champions untuk ketiga kalinya berturut-turut. Skuat yang waktu itu diasuh Guus Hiddink tersebut harus melewati adangan Barcelona untuk melaju ke partai final.

Pada pertandingan leg pertama yang digelar di Stadion Camp Nou, kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0. Chelsea yang harus menang untuk lolos ke final, mencetak gol lewat Michael Essien ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit.

Gol tersebut tercipta berkat tendangan voli kaki kiri Essien yang bolanya melesat ke sisi kanan gawang Barcelona yang dikawal Victor Valdes.

Meski begitu, gol menit akhir Andres Iniesta pada menit ke-90 melenyapkan harapan Chelsea melaju ke final. Hasil tersebut membuat Barcelona lolos dengan keunggulan gol tandang.

5. Real Madrid 4-2 Osasuna (La Liga, 1 Juni 2013)

Real Madrid menjamu Osasuna pada pekan terakhir La Liga musim 2012-2013 di Estadio Santiago Bernabeu. Laga tersebut sudah tidak memiliki arti apapun bagi mereka karena tertinggal terlalu jauh dari Barcelona.

Real Madrid membuka keunggulan lewat Gonzalo Higuain pada menit ke-35. Los Blancos menambah keunggulan tiga menit kemudian.

Adalah Michael Essien mencetak gol tersebut. Pemain asal Ghana ini berhasil menyundul bola tendangan penjuru Mesut Ozil ke gawang Osasuna.

Osasuna sempat menyamakan kedudukan lewat Roberto Torres pada menit ke-52 serta Alvaro Cejudo (63'). Akan tetapi gol-gol dari Karim Benzema (69') dan Jose Callejon (82') melengkapi kemenangan Real Madrid.

Video: 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer