Sukses


5 Laga Bersejarah Jerman Vs Inggris

Bola.com - Tim nasional Jerman dan tim nasional Inggris akan saling menjajal kemampuan pada laga uji coba yang akan berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, pada Rabu (22/3/2017) waktu setempat. Pertemuan antara kedua kesebelasan ini dapat dikategorikan sebagai laga klasik karena sejarah pertemuan mereka selalu menyisakan cerita. 

Legenda sepak bola Inggris, Gary Lineker, pernah berkata kalau Jerman adalah negara yang superior dalam olahraga sepak bola.

"Sepak bola adalah olahraga yang sederhana, 22 pemain dari dua kesebelasan memperebutkan bola selama 90 menit dan timnas Jerman lah yang akan memenangi pertandingan," ungkap Lineker.

Gambaran dari Lineker tersebut merupakan interpretasi yang tepat saat melihat kedigdayaan Die Mannschaft di dunia sepak bola. Saat ini, Jerman bersama Italia merupakan negara Eropa yang paling banyak mengoleksi trofi Piala Dunia dengan empat trofi.

Selain itu, Jerman bersama Spanyol juga berstatus sebagai negara yang memiliki koleksi Piala Eropa terbanyak dengan tiga trofi.

Inggris yang merupakan negara asal sepak bola, tentunya merasa dilangkahi Jerman. Perbedaan prestasi yang mencolok membuat Inggris menjadikan Jerman sebagai tolok ukur kekuatan mereka di kancah internasional.

Sialnya, Inggris lebih sering mengalami nasib kurang bagus setiap bertemu Jerman. Inggris dan Jerman sudah bertemu sebanyak 30 kali dalam laga profesional. Inggris mencatatkan 13 kemenangan dan Jerman mencatatkan 14 kemenangan. Pada pertemuan ke-31 nanti, Inggris memiliki peluang untuk meyamakan koleksi kemenangan mereka dengan Jerman.

Berikut ini adalah lima pertemuan bersejarah antara Inggris dan Jerman di laga internasional:

2 dari 6 halaman

1. Inggris 4-2 Jerman (Final Piala Dunia, 30 Juli 1966)

Laga puncak Piala Dunia 1966 mempertemukan tuan rumah Inggris dengan Jerman. Pertandingan yang digelar di Stadion Wembley ini merupakan salah satu partai paling dikenang sepanjang sejarah sepak bola.

Jerman unggul terlebih dahulu lewat Helmut Haller ketika pertandingan baru berjalan 12 menit. Namun kegembiraan tim tamu tidak berlangsung lama, setelah sundulan Geoff Hurst menyamakan kedudukan enam menit kemudian.

Aksi jual beli serangan dimenangi Inggris, setelah Martin Peters menjebol gawang Jerman yang dikawal Hans Tilkowski pada menit ke-78. Tetapi Jerman tidak mengendurkan serangan, mereka mampu mencetak gol satu menit sebelum pertandingan berakhir lewat Wolfgang Weber.

Pertandingan memasuki perpanjangan waktu, Inggris yang tidak ingin menanggung malu di hadapan pendukungnya terus menekan pertahanan Jerman. Hasilnya, Geoff Hurst membawa Inggris menjadi juara dunia, setelah mencetak dua gol pada menit ke-101 dan ke-120.

Susunan Pemain

Inggris: Gordon Banks; George Cohen, Bobby Moore, Jack Charlton, Ray Wilson; Nobby Stiles, Alan Ball, Martin Pieters, Bobby Charlton; Roger Hunt, Geoff Hurst.

Pelatih: Alf Ramsey

Jerman: Hans Tilkowski; Horst-Dieter Hottges, Willi Schulz, Wolfgang Webber, Karl-Heinz Schnellinger; Franz Beckenbauer, Helmut Haller, Lothar Emmerich, Wolfgang Overath; Sigfried Held, Uwe Seeler.

Pelatih: Helmut Schon

3 dari 6 halaman

2. Jerman 3-2 Inggris (Perempat Final Piala Dunia, 14 Juni 1970)

Jerman dan Inggris kembali berjumpa di ajang Piala Dunia. Kali ini pada laga perempat final yang digelar di Stadion Nou Camp, Meksiko.

Inggris sempat diunggulkan dapat mengalahkan Jerman setelah memimpin dua gol pada 60 menit pertama pertandingan berkat gol yang dicetak Allen Mullery (32') dan Martin Peters (50').

Namun, Jerman yang turun dengan wajah-wajah baru menunjukkan semangat pantang menyerah. Gol yang dicetak Franz Beckenbauer pada menit ke-69 memantik harapan Die Mannschaft.

Delapan menit jelang pertandingan berakhir, Uwe Seeler menyamakan kedudukan setelah bola sundulannya tidak mampu dihalau kiper Inggris, Peter Bonetti. Skor 2-2 setelah 90 menit berlalu membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Gerd Muller menjadi pahlawan Die Mannschaft setelah mencetak gol pada menit ke-106. Hasil tersebut membawa Jerman melaju ke babak semifinal dan berhadapan dengan Italia.

Susunan Pemain

Jerman: Sepp Maier; Horst-Dieter Hottges, Karl-Heinz Schnellinger, Franz Beckenbauer, Berti Vogts; Klaus Fichtel, Wolfgang Overath; Uwe Seeler, Gerd Muller, Stan Libuda, Hannes Lohr.

Pelatih: Helmut Schon

Inggris: Peter Bonetti; Keith Newton, Brian Labone, Bobby Moore, Terry Cooper; Alan Mullery, Sir Bobby Charlton, Martin Peters; Alan Ball, Francis Lee, Sir Geoff Hurst.

Pelatih: Alf Ramsey

4 dari 6 halaman

3. Jerman 7-6 Inggris (adu penalti, Semifinal Piala Eropa, 26 Juni 1996)

Jerman dan Inggris bertemu di Stadion Wembley pada laga semifinal Piala Eropa 1996. Jerman berambisi menghapus kenangan buruk di Stadion Wembley saat pertandingan final Piala Dunia 1966.

Inggris unggu terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Alan Shearer ketika laga baru berjalan tiga menit. Namun Jerman menyamakan kedudukan melalui Stefan Kuntz pada menit ke-16.

Skor 1-1 tetap bertahan hingga pertandingan memasuki babak tambahan. Pemenang laga pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Nasib kurang mujur harus diterima Inggris setelah satu di antara eksekutornya, yaitu Gareth Southgate, gagal menundukkan Andreas Kopke. Jerman pun memenangi babak adu penalti dengan skor 7-6.

Pada akhirnya, Jerman mengukuhkan diri sebagai juara Eropa setelah mengalahkan Republik Ceska dengan skor 2-1 pada laga final.

Susunan Pemain

Jerman: Andreas Kopke: Thomas Helmer, Matthias Sammer, Markus Babbel; Steffen Freund, Dieter Eilts, Stefan Reuter, Christian Ziege; Mehmet Scholl, Andreas Moller, Stefan Kuntz.

Pelatih: Berti Vogts

Inggris: David Seaman; Gareth Southgate, Tony Adams, Stuart Pearce; Darren Anderton, Paul Gascoigne, Paul Ince, David Platt, Steve McManaman; Alan Shearer, Teddy Sheringham.

Pelatih: Terry Venables

5 dari 6 halaman

4. Inggris 0-1 Jerman (Kualifikasi Piala Dunia Grup 9, 7 Oktober 2000)

Laga kualifikasi Piala Dunia 2002 zona Eropa grup 9 antara Inggris dan Jerman menjadi satu di antara pertandingan yang patut dikenang karena laga ini menjadi laga terakhir di Stadion Old Wembley. Saat itu, Inggris memutuskan untuk merobohkan stadion bersejarah tersebut dan membangun stadion baru yang lebih megah dengan menggunakan nama yang sama.

Meski bertajuk pertandingan perpisahan untuk Stadion Old Wembley, Inggris tidak kuasa menahan keperkasaan Jerman. Skuat Die Mannschaft menundukkan The Three Lions melalui gol tunggal yang dicetak Dietmar Hamman.

Setelah kekalahan ini, pelatih Inggris, Kevin Keegan, merasa kecewa dengan permainan anak-anak asuhnya. Keegan pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Susunan Pemain

Inggris: David Seaman; Gary Neville, Gareth Southgate, Tony Adams, Graeme Le Saux; Martin Keown, David Beckham, Nick Barmby, Paul Scholes; Michael Owen, Andy Cole.

Pelatih: Kevin Keegan

Jerman: Oliver Kahn; Marko Rehmer, Thomas Linke, Jens Nowotny; Sebastian Deisler, Dietmar Hamman, Michael Ballack, Carsten Ramelow, Mehmet Scholl; Marco Bode, Oliver Bierhoff.

Pelatih: Rudi Voller

6 dari 6 halaman

5. Jerman 4-1 Inggris (16 Besar Piala Dunia, 27 Juni 2010)

Pertandingan ini menjadi penyebab FIFA mulai mencari cara untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh wasit, setelah penggunaan wasit ketiga ternyata tidak efektif. Teknologi garis gawang serta video tayangan ulang mulai dikembangkan setelah laga ini.

Timnas Inggris tertinggal 0-2 dari Jerman lewat gol Miroslav Klose (20') serta Lukas Podolski (32'). The Three Lions memperkecil ketertinggalan berkat gol Matthew Upson pada menit ke-37.

Satu menit kemudian, Timnas Inggris berpeluang menyamakan kedudukan jika gol yang dicetak Frank Lampard tidak dianulir. Wasit menganggap bola hasil tendangan Lampard belum melewati garis gawang.

Peristiwa tersebut membuat penggawa The Three Lions kehilangan konsentrasi. Timnas Jerman berhasil memanfaatkan kondisi sang lawan untuk mencetak dua gol tambahan lewat Thomas Muller pada menit ke-67 dan ke-70.

Susunan Pemain

Jerman: Manuel Neuer; Philipp Lahm, Per Mertesacker, Arne Friedrich, Jerome Boateng; Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger; Thomas Muller, Mesut Ozil, Lukas Podolski; Miroslav Klose.

Pelatih: Joachim Low

Inggris: David James; Glen Johnson, John Terry, Matthew Upson, Ashley Cole; James Milner, Gareth Barry, Frank Lampard, Steven Gerrard; Wayne Rooney, Jermaine Defoe.

Pelatih: Fabio Capello

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer