Sukses


Adidas Merajai Sepak Bola Eropa Musim 2016-2017

Bola.com — Perusahaan perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas, mendominasi sepak bola Eropa pada musim 2016-2017, dalam hal prestasi klub beberapa kompetisi besar di Eropa yang mereka sponsori . 

Saat ini, Spanyol, Jerman, Inggris, Italia, Prancis, Rusia dan Portugal tercatat sebagai negara-negara yang memiliki liga terbaik di daratan Eropa.  Dari peringkat koefisien UEFA, Spanyol berada di urusan pertama, diikuti Inggris, Jerman, Italia, Prancis, dan Portugal. 

Dari kelima kompetisi utama di negara tersebut, beberapa di antaranya telah menghasilkan juara untuk musim 2016-2017. Beberapa klub pemenang itu pun tercatat menggunakan sponsor utama, Adidas. 

Di ajang Premier League (Inggris), misalnya, Chelsea yang sudah memastikan diri menjadi kampiun. Di Jerman (Bundesliga) ada Bayern Munchen, Rusia (Russian Super League) ada Spartak Moscow, dan Portugal (Primeira Liga) ada Benfica yang semuanya mengenakan sponsor Adidas. 

Sementara itu, kompetisi La Liga belum menelurkan juara. Namun, Adidas kembali berpeluang mencatatkan namanya lantaran Real Madrid memiliki kesempatan besar meraih gelar tersebut. 

Fakta lainnya, Adidas tidak hanya "merajai" kompetisi domestik, tetapi juga turnamen antarklub Eropa. Seluruh finalis Liga Europa dan Liga Champions merupakan kesebelasan yang mereka sponsori.

Pada laga final Liga Champions, Juventus akan bersua Real Madrid, yang sama-sama mengenakan sponsor Adidas. Sementara di partai puncak Liga Europa, Ajax Amsterdam bersiap menghadapi Manchester United. Kedua klub juga menggunakan sponsor perusahaan asal Jerman tersebut. 

Menurut situs Bloomberg, Adidas mengeluarkan dana sebesar 2,5 miliar dollar Amerika (Rp 332 ribu triliun) untuk kepentingan promosi sepanjang 2016. Jumlah tersebut diperkirakan akan membengkak hingga menjadi 3,5 miliar dollar Amerika (Rp 465 ribu triliun) pada 2020.

Biaya promosi yang dikeluarkan Adidas tahun lalu lebih besar dibandingkan pesaing mereka, Nike. Berdasarkan data dari situs yang sama, produsen olahraga asal Amerika Serikat itu hanya mengucurkan dana sebesar 2 miliar dollar Amerika (Rp 266 ribu triliun) untuk kepentingan promosi.

Sumber: Bloomberg

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer